Textbook
Pengaruh.penggunaan,aplikasi e-learning pada era pandemi terhadap hasil belajar IPS siswa di MTsN 1 Kota Cirebon
Pendidikan merupakan pengalaman belajar terencana yang berupa
pendidikan formal dan nonformal yang bertujuan untuk mengoptimalisasi
kemampuan individu. Berdasarkan hasil observasi peneliti di MTsN 1 Kota Cirebon
guru sudah memberikan materi dan pengajaran yang baik, namun dalam kondisi
pandemi seperti sekarang ini hal tersebut mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh
karena itu dalam kondisi pandemi sekolah menerapkan pembelajaran daring
melalui aplikasi e-learning, dari hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti dan
mengetahui lebih dalam apa dan bagaimana pembelajaran melalui aplikasi elearning.
Tujuanlpenelitianiinijadalah.untuk memperoleh data penggunaan,aplikasi
e-learning, untuk memperoleh data hasil belajar mata pelajaran IPS dengan
memakai aplikasi e-learning, dan untuk memperoleh data pengaruh[penggunaan
aplikasi e-learningiterhadaplhasilhbelajar0siswa.7
Aplikasi e-learning adalah sebagai langkah praktis dalam kegiatan belajar
mengajar di era pandemi sekarang ini dan diharapkan siswa bisa belajar sejak dini
bagaimana cara menggunakan aplikasi internet secara baik dan bijak. Dilihat dari
manfaatnya aplikasi e-learning lebih mudah dipahami dibandingkan dengan
aplikasi belajar yang lainya karena terdapat fitur-fitur yang menarik sehingga siswa
tidak bosan dalam menggunakannya.
Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitianikuantitatif
deskriptifldenganitekniklpengumpulangdata8observasi,1kuisioner (angket)hhdan
dokumentasi menggunakan skala likert. Populasi berjumlah 864 siswa kemudian
dipilih dengan cara cluster sampling sehingga mendapatkan sempel sebanyak 32
siswa atau satu kelas yang terpilih adalah VIII B. Analisis data yang digunkan ialah
uji prosentase, ujilnormalitas,kuji homogenitas, ujii linearitas, ujiikorelasi, uji
determinasi, ujijregresi, dan hipotesis.
Hasil penelitian ini memperoleh data pengaruh penggunaan aplikasi elearning pada era pandemi terhadap hasil belajar IPS siswa MTsN 1 Kota Cirebon
dari hasil perhitungan prosentase sebesar 59, 28%, skor tersebut tergolong pada
kategori cukup baik yang berada antara 55% - 70%. Serta pearson correlation
sebesar 0,661. Nilai korelasi ini berada direntang antara 0,4-0,7 yang memiliki arti
tingkat hubungan kedua variabel X dan Y tingkat pengaruhnya cukup kuat. Dengan
taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, dan mendapatkan rata-rata hasil belajar
70,53 dari 32 siswa dengan memperoleh prosentase sebesar 43% dari rentang 40%-
49% dari hasil ini dinyatakan hampir setengahnya. Oleh karena itu dapat
disimpulkan terdapat pengaruhipenggunaan aplikasi e-learning dan
hasillbelajariIPS siswa dengan tingkat pengaruh yang cukup kuat
227304021 | K IPS-22021 MUH p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain