Textbook
Pengaruh Pemanfaatan Media Belajar Facebook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon
Berbagai upaya dilakukan guru dalam proses pembelajaran melalui media facebook
yang diharapkan siswa dapat belajar seiring dengan memutus rantai persebaran covid-19.
Namun demikian dalam realitas disinyalir belum disertai dengan hasil belajar siswa yang
memuaskan. Pada sebagian siswa masih menunjukkan prestasi yang rendah. Hasil yang
diperoleh masih di bawah kriteria ketuntasan minimal 7,5 bahkan selain prestasi belajar
siswa yang belum memuaskan menunjukan pula adanya motivasi belajar yang tidak
diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pemanfaatan media belajar facebook
dalam pelajaran IPS di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon, 2) mengetahui hasil belajar
siswa dengan pemanfaatan media belajar facebook dalam pelajaran IPS di SMP N 1
Gempol Kabupaten Cirebon, dan 3) mengetahui lebih jauh pengaruh pemanfaatan media
facebook terhadap hasil siswa di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon.
Guru dapat memanfaatkan media teknologi dan melakukan proses belajar tanpa
terikat oleh factor ruang dan waktu. Perkembangan teknologi informasi juga telah
menghasilkan ragam dan variasi jumlah media yang berisi aneka informasi dan
pengetahuan yang dapat di pelajari. Siswa dan guru bisa memakai media facebook.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, tetapi mendukung hasil
tersebut digunakan pula metode kualitatif. Populasi target adalah seluruh siswa kelas VIII
di SMP N 1 Gempol Tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan
pengambilan sampel sebanyak 31 siswa menggunakan cluster sampling, variabel dalam
penelitian ini adalah pemanfaatan media belajar facebook (X) dan hasil belajar siswa (Y).
Adapun teknik pengumpulan datanya dengan angket, dokumentasi, observasi. Teknik
analisis yang digunakan yaitu Dengan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa skala prosentase angket pemanfaatan media
belajar facebook berada pada kategori cukup baik yaitu 50,23% serta hasil UAS siswa
berada pada nilai rata-rata 57,39 yang berada kategori Kurang baik. Selanjutnya, angka
korelasi deterninasi R Square 0,301 dari koefisien kolerasi (0,549) artinya kontribusi
pemanfaatan media belajar facebook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS
di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon sebesar 30,1% sisanya 69,9% dijelaskan oleh
factor lain (korelasi cukup atau sedang) dan thitung 3,538 > ttabel 1,699 pada taraf signifikan
0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara
pemanfaatan media facebook dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP N
1 Gempol Kabupaten Cirebon
227304019 | K IPS-22019 IND p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain