Textbook
Pengaruh Pembelajaran IPS Berbasis Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Islam Terpadu (IT) AL-Muhsinin Desa Mandala Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon
Masa pandemi yang terjadi saat ini tak mengubah intensitas pembelajaran
di sekolah, berbagai upaya dilakukan agar pembelajaran tidak terputus di tengah
jalan. Salah satunya adalah pembelajaran online, Pembelajaran online dilakukan
untuk menanggulangi proses pembelajaran di masa pandemi, diharapkan dapat
menjadi alternatif pendidikan agar proses pembelajaran tidak terputus.
Pembelajaran IPS Berbasis Online ini diharapkan membantu siswa dalam proses
kegiatan belajar di dalamnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan
pembelajaran online yang berlaku pada mata pelajaran IPS di SMP IT AlMuhsinin (2) Mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah
menggunakan pembelajaran berbasis online (3) Mengetahui ada tidaknya
pengaruh pembelajaran IPS berbasis Online terhadap Prestasi Belajar siswa di
SMP IT Al-Muhsinin.
Prestasi belajar siswa didapatkan melalui serangkaian proses pembelajaran
yang kemudian diujikan dalam sebuah tes, hasil dari tes yang berupa angka
dijadikan acuan pengukur prestasi siswa. Masa krisis ini tak menghalangi
penggiat pendidikan untuk dapat melakukan tolak ukur keberhasilan
pembelajaran. Pembelajaran online sebagai jembatan agar siswa tetap bisa
mengenyam pendidikan dan tetap bisa melakukan evaluasi hasil akhir. Dengan
demikian prestasi belajar masih bisa didapatkan tanpa mengurangi sedikitpun
entitasnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain expo
facto. Dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS untuk menghitung data pada
penelitian ini yang diukur melalui angket. Selain itu ada data penunjang yang di
dapat melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang
digunakan yaitu uji prosentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji koefesien
korelasi, uji determinasi, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis.
Hasil analisis penelitian ini menjelaskan bahwa. Skala prosentase angket
pembelajaran IPS berbasis online berada pada kategori baik yaitu 74,32%, serta
hasil UTS siswa setelah menggunakan pembelajaran online berada pada nilai ratarata 62,45 yang berada pada kategori nilai cukup. Selanjutnya, angka korelasi
sebesar 0,424 ( korelasi cukup atau sedang) dan nilai thitung 3,711 > ttabel 1,66 pada
taraf signifikansi 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat
pengaruh yang signifikan antara pembelajaran IPS berbasis online dengan prestasi
belajar siswa di SMP IT Al-Muhsinin.
227304017 | K IPS-22017 WAT p | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain