Textbook
Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Islam Diponegoro Kecamatan Losari Kabupaten Brebes
jumlah lapangan pekerjaan yang terbatas. Maka perlu adanya solusi untuk
mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menyelenggarakan pembelajaran
kewirausahaan di sekolah yang diwujudkan dengan adanya mata pelajaran
kewirausahaan dalam kurikulum sekolah. Pembelajaran kewirausahaan
diperlukan untuk membangun minat dalam berwirausaha, Sejalan dengan hal itu,
proses identifikasi dan proses belajar turut membentuk minat, maka kegiatan
belajar di sekolah dapat mempengaruhi pertumbuhan minat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Pembelajaran kewirausahaan
di SMK Islam Diponegoro; 2). Minat berwirausaha siswa setelah mengikuti mata
pelajaran kewirausahaan; 3). Berapa besar pengaruh pembelajaran kewirausahaan
terhadap minat berwirausaha siswa SMK Islam Diponegoro.
Pembelajaran kewirausahaan yaitu salah satu mata pelajaran yang
diterapkan di sekolah menengh kejuruan (SMK) dengan tujuan untuk
menumbuhkan jiwa kewirausahaan, menjadi mandiri yang cerdas dan terampil.
Pelaksanaannya juga berupa teori dan praktek. Minat berwirausaha merupakan
ketertarikan, keinginan dan kemauan seseorang untuk berkecimpung kedalam
dunia usaha. Sehingga setelah lulus nanti siswa diharapkan menjadi seorang
wirausaha dan dapat membantu mengurangi angka pengangguran yang terjadi di
wilayah setempat khususnya Losari.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Sempel dalam penelitian adalah siswa kelas XI jurusan teknik dan bisnis sepeda
motor (TBSM) dan teknik komputer dan jaringan (TKJ), berjumlah 71 siswa.
Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji
validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi product moment. Sedangkan uji
reliabilitas menggunakan rumus Alpha cronbach. Analisis data menggunakan
analisis deskriptif.
227304016 | K IPS-22016 TRI p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain