Textbook
Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Pelajaran IPS Di Masa Pandemi Civid-19 Bagi Peserta Didik MTS Negeri 04 Cirebon
Pada bidang pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini membaharui sistem
pembelajaran secara drastis yang membatasi interaksi secara langsung. Pembelajaran
yang dilakukan di rumah masing-masing atau secara daring (online) guru harus
mempunyai strategi dalam proses pembelajaran daring pada saat ini.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran daring yang guru
diterapkan di MTs Negeri 04 Cirebon Kabupaten Cirebon, mengetahui hasil belajar siswa
dari diterapkannya pembelajaran daring, dan mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran
daring terhadap hasil belajar siswa di MTs Negeri 04 Cirebon Kabupaten Cirebon.
Penerapan kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan di MTs Negeri 04
Cirebon Kabupaten Cirebon ini sangat baik dalam proses kegiatan pembelajaran-nya dan
hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa proses yang dilakukan oleh guru mata
pelajaran IPS sudah cukup baik.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Dalam mendapatkan data, peneliti menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisisnya diawali pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan untuk menganalisis
hasil belajar peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif.
Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini adalah: 1) Strategi yang
digunakan pada proses pembelajaran di saat pandemi Covid-19 menggunakan strategi
daring dan luring; 2) Hasil belajar siswa yang diperoleh sebelum pandemi Covid-19
dilihat dari nilai kognitif siswa yang didapatkan nilai rata-rata 84,5 di kelas VIII A
dengan jumlah siswa 28, nilai rata-rata yang didapatkan 85,75 di kelas VIII B dengan
jumlah siswa 28, dan nilai rata-rata yang didapatkan 79,46 di kelas VIII C dengan jumlah
siswa 38, hasil belajar siswa yang diperoleh sangat baik. Dan hasil belajar yang dilakukan
pada saat pandemi Covid-19 menurun hingga 30%, dapat dilihat dari nilai kognitif siswa
yang didapatkan nilai rata-rata 78,57 di kelas VIII A, nilai rata-rata yang didapatkan
78,82 di kelas VIII B, dan nilai rata-rata yang didapatkan 66,39 dikelas VIII C; 3) Dapat
dilihat dari hasil belajar siswa yang diatas bahwa hasil belajar siswa sebelum adanya
pandemi Covid-19 sangat baik, dan hasil belajar siwa pada saat pandemi Covid-19
menurun hingga 30%, dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran daring yang dilakukan
kurang efektif berdasarkan dari nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa.
227304013 | K IPS-22013 MAU e | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain