Textbook
Implementasi Program Adiwiyati Dalam UpayaMenumbuhkan Sikap Siswa Peduli Lingkungan Hidup Di SMP Negeri 12 Kota Cirebon
Kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari lingkungan, baik
lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan juga mempengaruhi
sifat, karakter, dan perilaku manusia yang mendiaminya. Pendidikan memiliki
peran strategis dalam menumbuhkan minat dan karakter cinta lingkungan yang
direalisasikan melalui Program Adiwiyata. Program Adiwiyata merupakan
program yang bertujuan untuk menciptakan sekolah yang berwawasan
lingkungan, dan lingkungan merupakan salah satu bagian dari proses
perkembangan pendidikan karakter siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui program adiwiyata dalam
menumbuhkan sikap siswa peduli lingkungan hidup di SMPN 12 Kota Cirebon, 2)
Mendeskripsikan implementasi program adiwiyata dalam menumbuhkan sikap
siswa peduli lingkungan hidup di SMPN 12 Kota Cirebon, 3) Mendeskripsikan
faktor pendukung dan penghambat implementasi program adiwiyata di SMPN 12
Kota Cirebon.
Program adiwiyata merupakan program yang dibuat oleh dua kementrian
yang ditujukan untuk sekolah dasar maupun menengah. Dalam program tersebut
berisi kebijakan yang bertujuan untuk menciptakan sekolah yang berwawasan
lingkungan, dan seluruh warga sekolah ikut berperan serta dalam kegiatan
tersebut. Kemudian diimplementasikan dan didukung dengan upaya yang
dilakukan sekolah untuk menumbuhkan sikap siswa peduli lingkungan hidup.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan
metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui
observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknis analisis data
dilakukan melalui empat tahap yaitu, reduksi data (data reduction), penyajian data
(data display) dan verifikasi data dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing
verivication).
Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan
program adiwiyata di SMPN 12 Kota Cirebon ini melibatkan banyak pihak bauk
guru maupun siswa dengan berbagai program yang dimiliki sekolah , 2) Dalam
mengimplementasikan program tersebut sekolah sudah mengacu pada panduan
sekolah dan sudah sesuai dengan standar, namun dalam pelaksanaannya masih
belum cukup maksimal, 3) Dalam setiap pelaksanaan suatu kegiatan tentunya
terdapat faktor pendukung dan penghambat, pendukungnya yaitu sekolah
mendapatkan banyak dukungan dari pemerintah, alumni maupun donatur lain
sedangkan hambatannya yaitu berasal dari internalnya seperti kerja sama sesama
tim yang kurang maksimal dan kurangnya wawasan mengenai lingkungan
227304012 | K IPS-22012 SIT i | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain