Textbook
Perbandingan Belajar Siswa Menggunakan Aplikasi Google Classroom Dan Aplikasi Whatsapp Pda Mata Pelajaran Sosiologi Di MA Yatamu Pasawaham Kecamatan Susukan Lebak Kabupaten Cirebon
Pada masa pendemi semua kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring.
Hal itu mengakibatkan guru maupun siswa harus bisa menguasai dan
mengoprasikan teknologi informasi serta mengaplikasikannya dalam kegiatan
pembelajaran agar menghasilkan hasil belajar yang meningkat. Akan tetapi
terdapat permasalahan yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah, tidak
melebihi KKM yaitu 70 yang ditentukan oleh sekolah. Oleh karena itu
diperlukannya media atau metode baru yang dapat meningkatkan kuantitas dan
kualitas guru maupun siswa secara dua arah. Berdasarkan permasalahan di atas
salah satu alternatifnya yaitu sekolah MA Yatamu menggunakan media
pembelajaran berupa aplikasi google classroom dan aplikasi whatsapp.
Tujuan penelitian ini yaitu:1) Bagaimana penggunaan aplikasi google
classroom dan whatsapp dalam pembelajaran sosiologi 2) Bagaimana hasil belajar
siswa dengan penggunaan google classroom dan whatsapp dalam pembelajaran
sosiologi. 3) seberapa besar perbandingan hasil belajar siswa antara yang
menggunakan aplikasi google classroom dan apliaksi whatsapp dalam
pembelajaran sosiologi di MA Yatamu Pasawahan Kec. Susukan Lebak Kab.
Cirebon.
Pembelajaran berbasis aplikasi google classroom dan aplikasi whatsapp
adalah pembelajaran menggunakan jaringan internet dengan harapan siswa dapat
memahami konsep secara mandiri dan guru hanya menjadi fasilitatornya saja.
Sehingga hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian
ini seluruh siswa kelas XI MA Yatamu Pasawahan dan sampelnya adalah siswa
kelas XI A dan XI B yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen
pengumpulan data meliputi tes dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu uji
prosentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, uji NGain, uji paired sampel t-test, uji independent sampel t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas google
classroom sebesar 56,67 dan nilai rata-rata pretest kelas whatsapp sebesar 74,67.
Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas google classroom sebesar 80,00 dan nilai
rata-rata posttest kelas whatsapp sebesar 86,33. Nilai t hitung sebesar -2,258
artinya nilai rata-rata kelas google classroom lebih rendah daripada nilai rata-rata
kelas whatsapp. Sedangkan nilai selisih antara kelas google classroom dan kelas
whatsapp sebesar 6,333. Dengan nilai sig (2-tailed) 0,028 lebih kecil dari 0,05, ini
menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar yang
diajar dengan menggunakan aplikasi google classroom dan aplikasi whatsapp
pada mata pelajaran sosiologi di MA Yatamu Pasawahan Kec. Susukan Lebak
Kab. Cirebon.
227304010 | K IPS-22010 KHI p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain