Textbook
Pengembangan Mnedia Pembelajaran Virtual Field Trip[VFT] Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTSN 5 Cirebon
Penelitian ini dilatabelakangi Pertama, Kemampuan siswa dalam
mengerjakan tugas yang diberikan guru kurang maksimal, hal ini terlihat ketika
ada beberapa siswa yang tidak mengerti dengan materi yang di sampaikan Kedua,
Kemampuan siswa dalam mengembangkan pola pikimya kurang maksimal, hal ini
terlihat ketike siswa mengamati sebuah objek atau kejadian yang terjadi di
sekitarnya kurang antusias dalam menanggapi kejadian tersebut. Adanya kondisi
seperti itu, maka salah satu media pendukung yang cocok dipakai dalam
pembelajaran ini yaitu media yang bisa melatihkan berpikir kritis dengan
menggunakan media Virtual Field Trip (VFT) yang akan membawa siswa seperti
pada lingkungan sebenarnya
Tujuan penelitian ini adalah Menghasilkan media pembelajaran Virtual
Field Trip (VFT) terhadap kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran IPS
Mengetahui kelayakan media Virtual Field Trip (VFT) pada mata pelajaran IPS.
Virtual Field Trip (VFT) merupakan sebuah usaha untuk memberikan
otonomi yang lebih di tangan pengguna, dengan memungkinkan pengamatan
dilakukan tanpa harus berada di tempat sebenarnya atau memiliki kesempatan
untuk mendapat penjelasan dari ahlinya. Tujuan Virtual Field Trip (VFT) Untuk
memperkenalkan siswa pada beberapa aspek dan mengembangkan beberapa
keterampilan dasar yang di butuhkan oleh siswa, Selain itu VFT juga bisa
digunakan untuk mempersiapkan siswa untuk masuk ke lapangan atau trip yang
sebenarnya, dan juga dapat dijadikan sebagai bentuk tindak lanjut setelah
perjalanan atau trip yang telah dilaksanakan sebelumnya
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau
yang disebut Research and Development (R&D) adalah metode penelitian yang
digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk
tersebut. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPS dan
siswa kelas VII MTSN 5 Cirebon. Pengumpulan data dilakukan dengan
penyebaran angket dan dokumentasi, validasi. Teknis pengumpulan data observasi
dan kuesioner.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Virtual Field Trip
(VFT) mata pelajaran IPS materi sejarah kehidupan masa pra aksara ini layak
digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat diproduksi sebagai media
pembelajaran bagi siswa kelas VII di MTS Negeri 5 Cirebon schingga mampu merangsang kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan memotivasi siswa dalam
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
227304008 | K IPS-22008 BAH p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain