Textbook
Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Berita dengan Metode Kunjung Karya Berbasis Quick Response (QR) Code pada Kelas XII di SMK Veteran Cirebon
Perubahan metode sekolah tatap muka menjadi daring yang menimbulkan
permasalahan dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan Quick Responese Code dapat
menambah wawasan siswa mengenai media edukasi berbasis teknologi. Penelitian
dilakukan sebagai materi pengayaan dengan pertimbangan pihak kurikulum dan guru
mata pelajaran bahasa Indonesia di SMK Veteran Cirebon yakni pada materi Teks
Berita kurang optimal di semester ganjil nilai yang diperoleh belum mencapai KKM,
nilai terkecil 50 dan tertinggi 70, kemudian situasi karena perubahan pembelajaran
yang tidak menentu di masa pandemi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif Eksperimen dengan desain
penelitian Nonequivalent control group design. Populasi yang dipilih adalah kelas
XII di SMK Veteran Cirebon, dengan memilih sampel menggunakan teknik
Purposive sampling yaitu kelas XII BDP dan OTKP. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik tes. Intrumen penelitian menggunakan lembar soal. Pengujian
data menggunakan statistik non-parametrik yaitu Uji Mann Whitney.
Hasil penilaian berdasarkan 5 indikator, struktur, kekritisan, ejaan, penulisan
referensi, dan pemilihan diksi. Penulisan kelengkapan struktur berita kelas
eksperimen dan kontrol rata-rata 3. Kekertisan dalam mengungkapkan masalah ratarata 3. Penggunaan ejaan dalam Teks Berita rata-rata 4 begitu juga dengan penulisan
referensi. Sedangkan dalam hal pemilihan diksi rata-rata 3. Hasil kelas eksperimen
dengan nilai tertinggi 85, dan kelas kontrol dengan nilai tertinggi 80. Uji
perbandingan menggunakan Uji Mann Whitney dengan tingkat kepercayaan 95%,
hasil diperoleh nilai Sig. 0,000 artinya Ha diterima dengan pernyataan pembelajaran
menulis Teks Berita dengan metode Kunjung Karya berbasis Quick Response (QR)
Code efektif.
227309034 | K B.INDO-22034 RIM k | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain