Textbook
Kajian Tindak Tutur Ilokusi Iklan Produk Kecantikan di YouTube dan Pemanfataannya Dalam Pembelajaran Menulis Teks Iklan di SMK Kelas XII
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi dalam wacana
iklan produk kecantikan di YouTube. Mendeskripsikan pemanfaatan hasil analisis tindak tutur
ilokusi pada iklan sebagai rencana rancangan pembelajaran (RPP) KD 3.45 dan 4.45 di SMK.
Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini
mengambil data yang bersumber dari iklan produk kecantikan yang pernah ditayangkan di
YouTube. Data yang diambil berupa tindak tutur ilokusi yang terdapat dalam iklan produk
kecantikan dari sebanyak 22 iklan dengan pertimbangan iklan-iklan tersebut memiliki tindak
tutur ilokusi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik simak
bebas libat cakap serta dibantu dengan teknik lanjutan yaitu teknik catat. Penelitian ini
menggunakan kartu data sebagai instrument dengan upaya dalam menunjang dari proses
pencarian dan penganalisisan data yang didapat. Keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik triangulasi teoretis dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik daya pilah pragmatik, yaitu teknik membagi
satuan lingual berdasarkan konteks pragmatik. Penelitian ini bermanfaat pada pembelajaran
Bahasa Indonesia, yakni berupa RPP pada pembelajaran materi Iklan.
Dari hasil penelitian didapat yaitu 22 iklan produk kecantikan, terdapat 38 jenis tindak
tutur ilokusi. Tindak tutur ilokusi asertif sebanyak 4 tuturan, tindak tutur ilokusi direktif
sebanyak 12 tuturan, tindak tutur ilokusi komisif sebanyak 19 tuturan, tindak tutur ilokusi
ekspresif sebanyak 3 tuturan dan tindak tutur ilokusi deklaratif tidak ada tuturan. Hasil
validasi desain pembelajaran ini mendapatkan nilai 127 dengan jumlah skor maksimal adalah
150 dan mendapat rata-rata penilaian 84,67% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang digunakan masuk ke dalam kriteria cukup
valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi desain pembelajaran ini
mendapatkan nilai 111dengan jumlah skor maksimal adalah 150 dan mendapat rata-rata
penilaian 74% dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Rancangan Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang digunakan masuk ke dalam kriteria cukup valid atau layak
digunakan dalam proses pembelajaran.
227309032 | K B.INDO-22032 SIT k | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain