Textbook
Alih Kode dan Campur Kode pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Salafiyah Bode Kec. Plumbon Kab. Cierbon
Alih kode dan campur kode merupakan ruang lingkup kajian sosilolingusitik,
alih kode berupa menggunakan bahasa lain untuk menyesuaikan diri sesuai dengan
situasi partisipan, campur kode berupa menggunakan bahasa secara dominan yang
mendukung suatu tuturan dengan menyisipkan bahasa lain. Penelitian ini membahas
bentuk alih kode dan campur kode pada pembelajaran bahasa Indonesia di MTs
Salafiyah Bode. Latar belakang berupa banyaknya siswa/i yang masih banyak
menggunakan bahasa Jawa Cirebon pada saat di sekolah. Tujuan yang ingin dicapai
yaitu menjelaskan bagaimana bentuk alih kode dan campur kode, serta
mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode dan campur
kode.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain
penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini fokus pada bentuk alih kode dan campur
kode serta faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode dan campur kode.
Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi dengan
teknik dasar teknik sadap, teknik lanjutan pertama teknik simak bebas libat cakap,
teknik lanjutan kedua teknik rekam, teknik lanjutan ketiga teknik catat. Instrument
penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara dan instrument kartu data.
Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber,
triangulasi metode, dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan metode
padan, teknik yang digunakan adalah teknik pilah unsur penentu atau teknik PUP.
Hasil penelitian ini terdapat bentuk alih kode dan campur kode pada
pembelajaran bahasa Indonesia di MTs Salafiyah Bode, hal ini yang
melatarbelakangi berupa pengaruh dari bahasa ibu, faktor lingkungan sekitar,
terbiasa menggunakan bahasa ibu, menyesuaikan situasi, dan bentuk sopan santun.
227309030 | K B.INDO-22030 MAS a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain