Textbook
Keefektifan Pembelajaran Daring Menggunakan Media Google Clasroom dan Zoom Cloud Meeting Selama Pandemi Covid-19 pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Karya Ilmiah di MA Nurul Huda Beringin Cirebon
Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) pertama muncul di akhir tahun 2019
tepatnya di Wuhan, China. Wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang
telah melanda 215 negara di dunia, memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga
pendidikan. Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah telah
melarang setiap lembaga pendidikan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar
secara tatap muka (konvensional) dan memerintahkan untuk menyelenggarakan
pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring (Surat Edaran Kemendikbud no. 4 Tahun
2020). Kekurangan yang terjadi pada pembelajaran daring yaitu anak sulit untuk
fokus pada pembelajaran karena suasana rumah yang kurang kondusif terutama pada
pelajaran bahasa Indonesia yang harus mempelajari tata bahasa yang baik dan benar.
Berdasarkan pendahuluan di atas, di dapat rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah bagaimana keefektifan pembelajaran daring menggunakan media Google
Classroom dan Zoom Cloud Meeting selama pandemi Covid-19 pada mata pelajaran
bahasa Indonesia di MA Nurul Huda Beringin.
Hasil penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang
menerapkan model pembelajaran daring menggunakan media Google Classroom dan
Zoom Cloud Meeting dengan kelas kontrol yang menggunakan media Google
Classroom. Perbedaan hasil belajar tersebut dilihat dari hasil uji-t untuk sampel
bebas nilai post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol bahwa besar thitung adalah
3.152 dan db (derajat bebas) 30 pada taraf signifikansi 0,05% diperoleh ttabel sebesar
2.042. Analisis uji-t menyatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (th >
tt) pada taraf signifikansi 0,05%. Model pembelajaran daring menggunakan media
Google Classroom dan Zoom Cloud Meeting efektif digunakan dalam pembelajaran
bahasa Indonesia materi karya ilmiah dibandingkan dengan pembelajaran
menggunakan model pembelajaran konvensional.
Keefektifan menerapkan model pembelajaran daring menggunakan media online
dalam pembelajaran bahasa Indonesia ditunjukkan oleh hasil analisis uji-t untuk
sampel berhubungan. Hasil perhitungan dari uji-t menunjukan bahwa besar thitung
adalah 7.206 dan db (derajat bebas) 16 pada taraf signifikansi 0,05% diperoleh ttabel
sebesar 2.131. Dari perhitungan di atas bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel
(th > tt) pada taraf signifikansi 0,05%.
227309026 | K B.INDO-22026 NEN e | Perpustakaan Pusat | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain