Textbook
ilihan Bahasa pada Iklan Produk Makanan di Youtube (Kajian Sosiolinguistik)
Kajian pilihan bahasa yang ada dalam masyarakat Indonesia yang bertalian
dengan masalah penggunaan bahasa pada masyarakat dwibahasa maupun
multibahasa. Sebuah iklan produk makanan selain visual produk makanan itu
sendiri penggunaan bahasa yang unik dan menarik juga sangat penting karena
semakin menarik pilihan bahasa yang dipakai konsumen semakin ingin
mencobanya. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mendeskripsikan bentuk pilihan
bahasa pada peristiwa tutur dalam iklan produk makanan di youtube, dan
mendeskripsikan faktor-faktor yang menentukan pilihan bahasa pada peristiwa
tutur dalam iklan produk makanan di youtube.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak bebas libat cakap
yang artinya peneliti tidak terlibat langsung dalam peristiwa tutur yng akan
dijadikan data untuk dianalisis, dan teknik catat untuk dapat mengklasifikasikan
data. Teknik analisis data yang dipakai yaitu metode padan ekstralingual.
Berdasarkan hasil analisis penelitian tersebut, diketahui bahwa terdapat 16 data
iklan menggunakan variasi bahasa tunggal, 4 data iklan menggunakan alih kode,
dan 25 data iklan menggunakan campur kode. Pilihan bahasa yang digunakan
dalam iklan memiliki beberapa faktor penentu yaitu situasi tutur, partisipan, genre,
fungsi, dan bintang iklan. Penelitian ini dapat diimplikasikan untuk pembelajaran
mengenai materi iklan pada Sekolah Menengah Pertama.
227309025 | K B.INDO-22025 FIR p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain