Textbook
Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Teks Cerita Inspiratif dengan Metode Drill di Kelas IX A MTs Murul Huda Munjul Astanajapura Kabupaten Cirebon
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa dalam
pelajaran teks cerita inspiratif. Berdasarkan Kurikulum 2013 kelas IX SMP atau MTs yang
dimuat dalam KD 3.12 dan KI 4.12. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan
peningkatan keterampilan berbicara dengan metode drill di MTs Nurul Huda Munjul kelas IX
A. Penggunaan setiap siklus dalam penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin dan alat
pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dokumentasi, dan tes.
Dari data yang telah didapatkan diketahui bahwa nilai dari perilaku negatif pada
prasiklus adalah sebanyak 31 atau 25,83%. Sedangkan Siklus I sebanyak 38 atau 31,67% dan
siklus II memiliki nilai sebanyak 18 atau 15%. Nilai perilaku positif pada prasiklus yaitu
sebanyak 89 atau 74,17%. Sedangkan Siklus I sebanyak 82 atau 68,33% dan siklus II
memiliki nilai sebanyak 102 atau 85%. Nilai dari kemampuan berbicara siswa dapat
diketahui melalui rumus rata-rata yang telah didapat pada prasiklus yaitu sebesar 64,5
sedangkan Siklus I jumlah kelulusanya sebanyak 69,5 dan siklus II memiliki jumlah
kelulusan sebanyak 80,17. Jumlah kelulusan siswa pada prasiklus yaitu sebanyak 13 siswa
atau 43%, sedangkan Siklus I jumlah kelulusanya sebanyak 24 siswa atau 80% dan siklus II
memiliki jumlah kelulusan sebanyak 30 siswa atau 100%.
Penelitian ini diharapkan berguana untuk pembelajaran teks cerita inspiratif.
Penelitian ini juga berguna untuk menambahkan pengetahuan peningkatan keterampilan
berbicara bagi siswa sehingga siswa dapat mempelajari keterampilan bahasa tingkat
selanjutnya.
227309018 | K B.INDO-22018 MUH p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain