Textbook
Analisis Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari Melalui Pendekatan Semiotik Dan Pemanfaatannya Dalam Pembelajaran Novel Di SMK
Pendidikan merupakan hal yang wajib bagi setiap individu yang mana
diharapkan dengan adanya pendidikan mampu menjadikan individu berwawasan
serta mempunyai nilai-nilai kebaikan dalam setiap individunya. Salah satu cara
alternatif guna membangun karakter setiap individu peserta didik adalah dengan
pengajaran sastra. Usia remaja merupakan usia dimana mereka sedang mencari
jati dirinya. Maka dari itu kondisi lingkungan sekitar sangatlah berpengaruh.
Lingkungan yang kurang baik dapat meruntuhkan nilai pendidikan karakter, ini
sangat erat dengan pembelajaran remaja di sekolah, guna mencegah hal-hal yang
bisa merusak moral, salah satu pengaplikasian yang harus ada pada siswa adalah
dengan terbiasa membaca dan salah satunya ialah membaca karya sastra. Ada
beberapa karya sastra yang memiliki pembelajaran pendidikan karakter dalam
isinya, yang bisa dijadikan sebagai tuntunan tingkah laku yang baik, salah
satunya novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Penelitian ini
bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada
novel Orang-Orang Proyek karya Ahmad Tohari serta pemanfaatannya sebagai
RPP pembelajaran novel di SMK.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan desain deskriptif
naratif dengan pendekatan semiotik teori Peirce. Subjek dalam penelitian ini
adalah novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Penelitian ini
difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan nilai moral yang
terkandung dalam novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat, sedangkan instrument
yang digunakan yaitu kartu data. Keabsahan data dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi teori, sumber data, dan metode. Teknik analisis data
menggunakan model Miles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai pendidikan karakter pada novel
Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari terdiri dari 17 nilai pendidikan
karakter yang terdiri dari nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, cinta tanah air,
komunikatif, cinta damai, gemarmembaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan
tanggung jawab.
227309001 | K B.INDO-22001 ILH A | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain