Textbook
PENERAPAN BAHAN AJAR MODUL BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 KERANGKENG PADA MATERI EKOSISTEM
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa, peningkatan kemampuan
berpikir kritis dan respon siswa terhadap penerapan modul pembelajaran berbasis Science,
Technology, Engineering And Mathematics (STEM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa di SMA Negeri 1 Kerangkeng. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji ; 1) aktivitas
belajar siswa, 2) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen
dan 3) respon siswa terhadap penerapan modul pembelajaran berbasis Science, Technology,
Engineering And Mathematics (STEM). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang
dilakukan di SMAN 1 Kerangkeng dengan sampel sebanyak 33 siswa kelas X IPA 2 kelas
kontrol dan 30 siswa kelas X IPA 1 kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah
pretest postest control group dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan
angket. Hasil penelitian menunjukan 1) terdapat perbedaan peningkatan aktivitas belajar siswa 2)
terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa yang signifikan, 3) siswa
memberikan respon positif terhadap penerapan modul pembelajaran berbasis Science,
Technology, Engineering And Mathematics (STEM) pada konsep ekosistem. Beradasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan modul pembelajaran berbasis Science,
Technology, Engineering And Mathematics (STEM) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa
dan keterampilan berpikir kritis siswa dan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan
modul pembelajaran berbasis Sience, Technology, Engineering And Mathematics (STEM)
227306043 | K BIO-22043 UTA p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain