Textbook
ANALISIS BUKU TEKS BIOLOGI BERDASARKAN LITERASI SAINS PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA/MA SE-KOTA CIREBON
Literasi sains penting untuk bekal kehidupan siswa. Namun, berdasarkan PISA
tahun 2015 menempati urutan ke-64 dari total 72 negara yang mengikuti PISA
dengan perolehan skor 403, dan pada tahun 2018 berada di peringkat 74 dari 79
negara dengan skor 371, oleh karena itu untuk memfasilitasi tersampaikannya
literasi sains dapat melalui penggunaan bahan ajar yang berliterasi sains dan
adaptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat literasi sains pada
buku teks biologi berdasarkan kemunculan indikator literasi sains yang di
gunakan di SMA/MA Kota Cirebon kelas X dalam materi ekosistem dan
mendeskripsikan perbandingannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif
analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi sains berdasarkan
kemunculan indikatornya pada buku Penerbit Erlangga yaitu kategori sains
sebagai batang tubuh pengetahuan adalah 75% (tinggi), cara berpikir adalah
66,67% (tinggi), cara untuk menyelidiki adalah 38,1% (rendah), dan interaksi
sains, teknologi dan masyarakat adalah 16,67% (sangat rendah). Penerbit Tiga
Serangkai kategori sains sebagai batang tubuh pengetahuan adalah 62,50%
(sedang), cara berpikir adalah 81,48% (tinggi), cara untuk menyelidiki adalah
66,67% (tinggi), dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat adalah 16,67%
(sangat rendah). Penerbit Grafindo Media Pratama kategori sains sebagai batang
tubuh pengetahuan adalah 70,83% (tinggi), cara berpikir adalah 74,08% (tinggi),
cara untuk menyelidiki adalah 47,61% (sedang), dan interaksi sains, teknologi dan
masyarakat adalah 5,55% (sangat rendah). Perbandingan literasi sains pada buku
teks Penerbit Erlangga 52,21% (sedang), pada Penerbit Tiga Serangkai 60%
(sedang), dan pada Penerbit Grafindo Media Pratama adalah 53,33% (sedang).
227306042 | K BIO-22042 IMR a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain