Textbook
ANALISIS BAHAN AJAR BIOLOGI SMA KELAS XI KURIKULUM NASIONAL BERDASARKAN MUATAN LITERASI SAINS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN
Buku teks merupakan salah satu media pendidikan yang dapat mempengaruhi
mutu pendidikan, karena dapat digunakan sebagai sumber belajar dan media yang
sangat penting untuk menunjang tercapainya kompetensi yang merupakan tujuan
pembelajaran. buku teks salah satu perangkat dasar dalam pendidikan yang dapat
meningkatkan literasi saian siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis kualitas isi, dan perbedaan jumlah kemunculan dari buku teks
Biologi SMA kelas XI pada materi sistem pernapasan berdasarkan literasi sains.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini berupa teknik pendekatan kualitatif
dengan metode analisis dokumen yang bertujuan untuk menggambarkan kualitas
isi dan perbedaan jumlah kemunculan literasi sains pada buku teks biologi.
Adapun objek dalam penelitian berupa teks dan paragraf halaman pada buku teks
biologi kelas XI khususnya Sistem Pernapasan. Hasil analisis data menunjukan
bahwa tingkat literasi sains berdasarkan kemunculan pada buku penerbit yrama
widya kategori sebagai batang tubuh pengetahuan adalah 78,12% (Sedang), cara
berpikir adalah 5,20% (sangat rendah), cara untuk menyelidiki adalah 7,29%
(sangat rendah), dan interaksi sains, teknologi dan masyarakat adalah 9,37%
(sangat rendah). Pada buku penerbit erlangga yaitu kategori sains sebagai batang
tubuh pengetahuan adalah 61,35% (Sedang), sains cara berpikir adalah 5,31%
(sangat rendah), sains cara untuk menyelidiki 17,87% (sangat rendah), dan
interaksi sains, teknologi dan masyarakat adalah 15,45% (sangat rendah).
Perbandingan literasi sains pada buku teks penerbit yrama widya 48,12% (sedang)
dan pada penerbit erlangga 51,87% (sedang).
227306039 | K BIO-22039 TUT a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain