Textbook
PENGEMBANGAN SKALA PENGUKURAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Pembelajaran matematika sangatlah penting, hal ini dapat dilihat dari
keberadaan pembelajaran matematika yang diajarkan pada semua jenjang
pendidikan serta jumlah waktu pembelajaran matematika yang umumnya
diajarkan pada tiap sekolah lebih lama dibandingkan dengan pembelajaran lain.
Melihat pentingnya pembelajaran matematika seharusnya setiap siswa gemar
mempelajarinya, akan tetapi hal tersebut berbanding terbalik pada kenyataannya,
sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang
sulit, abstrak dan terkesan menegangkan, sehingga minat siswa dalam belajar
matematika menurun. Adanya minat dan perhatian siswa dalam belajar menjadi
salah satu faktor berjalannya proses pembelajaran yang efektif. Oleh karena itu,
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar matematika siswa
di MTs Riyadul Huda Palasah. Metode penelitian ini menggunakan metode
penelitian dan pengembangan (Research and Development) dan teknik
pengumpulan data dengan tes dan wawancara, yang akan diujicobakan pada siswa
kelas VII. Uji coba dilakukan untuk memastikan bahwa tes ini adil dan dapat
mengukur minat belajar matematika siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa minat belajar siswa MTs Riyadul Huda Palasah berada pada kategori
“Sangat Tinggi” sebanyak 30%, kategori “Tinggi” sebanyak 30%, kategori
“Rendah” sebanyak 33% dan kategori “Sangat Rendah” sebanyak 7%.
227305038 | K MTK-22038 RAT p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain