Textbook
DESAIN DIDAKTIS BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK PADA KONSEP BANGUN DATAR SEGITIGA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui learning obstacle siswa dan
bagaimana implementasi desain didaktis berbasis pendekatan realistik pada konsep
bangun datar segitiga, khususnya konsep keliling dan luas segitiga serta bagaimana
desain empirik (revisi) yang terbentuk. Metode dalam penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan pendekatan desain didaktis. Teknik pengumpulan data
berupa: observasi, tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa MTs Al Kautsar sebanyak 9 orang. Desain didaktis dikembangkan
melalui tiga tahapan. Pertama menyusun desain didaktis awal berdasarkan kesulitan
siswa sebelumnya (tahap prospektif), kedua mengimplementasikan dan
menganalisis desain didaktis (tahap metapedadidaktik), ketiga menganalisis desain
didaktis awal dengan hasil implementasi desain didaktis untuk dijadikan acuan
dalam membuat desain didaktis empirik (tahap retrosfektif). Implementasi desain
didaktis dilakukan selama 3 pertemuan. Pertemuan pertama membahas mengenai
unsur dan jenis segitiga, pertemuan kedua membahas mengenai keliling segitiga,
pertemuan ketiga membahas mengenai luas segitiga. Hasil desain empirik tidak
jauh berbeda dengan desain didaktis awal hanya terdapat perbaikan pada bagian
tertentu seperti beberapa kalimat situasi didaktis, penambahan perkiraan waktu,
selain itu juga ditambahkan beberapa respon yang tidak terprediksi sebelumnya.
227305033 | k mtk-22033 ZAL d | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain