Textbook
PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR ANAK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI ERA COVID-19
Skripsi ini membahas tentang peran orang tua dalam memberikan
motivasi dan disiplin belajar anak pembelajaran matematika di SMPN 1 Plered
Cirebon di era pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk :1) Mengetahui
peran orang tua dalam memberikan motivasi belaar pelajaran matematika anak di
era covid-19 2) Mengetahui peran orang tua dalam memberikan disiplin belajar
pelajaran matematika anak di era covid-19 3) Mengetahui faktor penghambat dan
faktor pendukung bagi orang tua dalam menjalankan perannya memberikan
motivasi dan disiplin belajar pelajaran matematika anak di era covid-19. Metode
penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif menggunakan
pendekatan fenomenologi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 6 dari 10
orang tua memberikan motivasi secara langsung kepada anaknya dan 4 lainnya
mengatakan tidak dapat memberikan motivasi secara langsung, begitupun juga
dengan disiplin belajar berdasarkan hasil penelitian diketahhui bahwa 6 orang tua
menerapkan disiplin demokratis kepada anak dan 4 .orang tua yang lain
mengnerapkan disiplin otoritarian sedangkan faktor pendukng bagi orang tua dalam
memberikan motivasi dan disiplin belajar matematika anak selama covid-19
diantaranya 4 orang tua mengatakan handphone, 3 orang tua yang lain mengatakn
pemberian paket data internet dari pemerintah dan 3 orang yang lain mengatakan
buku paket vmenjadi factor pendukungnya sementara itu faktor penghambat yang
dirasakan orang tua dala memberikan motivasi dan disiplin belajar matematika anak
.di era covid-19 antara lain 6 orang tua mengatakan karena masalah perekonomian,
2 orang lain mengatakan karena anak yang kesulitan dalam memahami materi dan
2 orang lain mengatakn karena anak yang menunda untuk mengerjakan tugas
selama daring. Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu peran orang tua dalam
pembelajaran matematika daring selama pandemi, peranan orang tua yang diteliti
mencakup 4 indikator yaitu membimbing, mengawasi, motivator dan menjadi
fasilitator dalam pembelajaran, sikap orang tua dalam mendisiplin belajarkan anak
dalam mentaati peraturan belajar dan kesadaran diri, orang tua dalam penelitian ini
adalah sepuluh orang tua siswa SMP N 1 Plered kelas VIII A SMPN 1 Plered.
Manfaat penelitian ini dapat mengetahui peran motivasi dan disiplin belajar
pelajaran matematika kepada anak selama masa pandemi covid-19.
227305031 | K MTK-22031 VAN p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain