Textbook
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN SOSIAL GURU TERHADAP KREATIVITAS MATEMATIS DAN SIKAP SISWA
Kompetensi pedagogik guru, kompetensi sosial guru, kreativitas
matematis siswa, serta sikap siswa merupakan serangkaian sebab akibat yang
selalu menjadi permasalahan hampir di setiap sekolah. Permasalahan penelitian
ini adalah bagaimana pengaruh kompetensi pedagogik guru dan kompetensi sosial
guru terhadap kreativitas matematis siswa, bagaimana pengaruh kompetensi
pedagogik guru dan kompetensi sosial guru terhadap sikap siswa, serta manakan
pengaruh terbesar antara kompetensi pedagogik guru dan sosial guru terhadap
kreativitas matematis siswa dan sikap siswa MTsN 4 Cirebon. Populasi penelitian
ini berjumlah 256 orang, dengan sampel sebanyak 42 orang. Teknik pengumpulan
data melalui kuesioner (angket). Teknik analisis menggunakan bantuan skala
Likert dan Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi
pedagogik guru MTsN 4 Cirebon dapat dikatakan cukup baik dengan rata-rata
skor diperoleh sebesar 82,65% kompetensi sosial guru MTsN 4 Cirebon dapat
dikatakan baik dengan skor 84,04% kreativitas matematis siswa MTsN 4 Cirebon
dapat dikatakan baik dengan skor rata-rata 71,33% dan sikap siswa MTsN 4
Cirebon dapat dikatakan baik dengan skor rata-rata 79,09% Mengacu pada output
Regresi model I yaitu X1 = 0,299 dan X2 = 0,072 lebih besar dari 0,05, output
Regresi model II yaitu X1 = 0,208 dan X2 = 0,019 lebih besar dari 0,05, output
Regresi model III yaitu X1 = 0,387 ,X2 = 0,097 dan Y1 = 0,004 kurang dari 0,05
yang mana nilai signifikansi kurang dari 5% maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dan sosial guru terhadap kreativitas
matematis dan sikap siswa.
227305030 | K MTK-22030 NUR n | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain