Textbook
Analisis Kemampuan Penalaran Statistik Mahasiswa Matematika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran statistik
mahasiswa matematika. Kemampuan penalaran statistik merupakan salah satu
tujuan dalam pembelajaran statistika, akan tetapi minimnya perhatian mahasiswa
dalam proses penalaran yang membutuhkan beberapa tahap untuk mencapai suatu
penalaran statistik. Kemampuan penalaran statistik dapat membantu peserta didik
menguasai pemikiran statistika, memiliki kemampuan memecahkan masalah
statistika kemampuan penalaran statistik peserta didik sangat perlu untuk terus
diasah dan dilatih, baik untuk laki-laki ataupun perempuan. Penelitian ini berujuan
untuk menganalisis kemampuan penalaran statistik mahasiswa matematika. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan teknik pengumpulan
data dengan pemberian tes. Sedangkan pengambilan sampel sebanyak 78
mahasiswa matematika dengan cara Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil
penelitian ditemukan bahwa kemampuan penalaran statistik mahasiswa matematika
berada pada level indiosikratik, verbal, transisional, prosedural, dan
pengintegrasian proses. Level kemampuan penalaran statistik mahasiswa
matematika berada pada level pengintegrasian proses dan dari keseluruhan sampel
yang ada dengan rata-rata kemampuan penalaran statistik mahasiswa sebesar 64,46.
Selain itu kemampuan penalaran statistik mahasiswa matematika laki-laki dan
perempuan berdasarkan uji anova sama tidak ada perbedaan kemampuan penalaran
statistik mahasiswa matematika berdasarkan jenis kelamin. Sedangkan berdasarkan
level kemampuan penalaran terdapat perbedaan. Indikator kemampuan penalaran
statistik yang paling dominan adalah indikator mendeskripsikan data yang bisa
ditentukan dengan teknik uji faktor.
227305026 | K MTK-22026 SIN a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain