Textbook
Pengembangan Komik Digital Sebagai bahan Ajar Statistika Untuk Siswa kelas VIII Bergaya Belajar Visual
Bahan ajar yang tersedia masih konvensional, tidak bervariasi dan tidak
relevan dengan kebutuhan siswa, sedangkan bahan ajar merupakan komponen
penting dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
juga hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan komik
digital sebagai bahan ajar statistika untuk siswa kelas VIII bergaya belajar visual,
2) Mengetahui respon siswa bergaya belajar visual terhadap penggunaan komik
digital sebagai bahan ajar statistika yang dikembangkan, dan 3) Mengetahui
peningkatan hasil belajar matematika pada siswa bergaya belajar visual dengan
menggunakan komik digital. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan (R&D) dengan prosedur pengembangan model ADDIE. Desain uji
coba produk menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan lembar validasi, skala, dan tes. Pengembangan bahan ajar komik
digital ini melalui 5 tahapan yang meliputi: (1) Analysis, yaitu menganalisis
penggunaan bahan ajar yang ada, menganalisis kebutuhan siswa dengan gaya
belajar visual, menganalisis ketersediaan fasilitas untuk mengakses bahan ajar
digital; (2) Design, yaitu menentukan KI, KD dan indikator pembelajaran, memilih
tokoh dan karakter komik, menyusun naskah komik, serta membuat flowchart; (3)
Development, yaitu membuat komik digital menggunakan aplikasi pixton,
melakukan validasi ahli dan merevisi produk. Bahan ajar komik digital yang
dihasilkan telah melalui penilaian oleh ahli media dan ahli materi yang masingmasing berjumlah dua orang. Hasil analisis validasi indeks Aiken menunjukkan
bahwa ahli media menilai sangat baik terhadap produk bahan ajar komik digital
dengan rata-rata nilai V yaitu 0,81. Sedangkan hasil validasi oleh ahli materi
mendapatkan penilaian yang sangat baik dengan rata-rata nilai V yaitu 0,87. (4)
Implementation, dari 138 siswa yang diidentifikasi gaya belajarnya melalui tes,
ditemukan 40% (55 siswa) dengan kecenderungan gaya belajar visual. Sebanyak 50
orang dari 55 siswa tersebut dipilih sebagai partisipan dalam penelitian eksperimen.
(5) Evaluation, dilakukan untuk mengetahui keefektifan penggunaan produk bahan
ajar melalui tes hasil belajar. Hasil analisis data berdasarkan perolehan persentase
Tingkat Capaian Responden (TCR) menunjukkan bahwa 77,8% siswa merespon
baik terhadap penggunaan komik digital sebagai bahan ajar statistika. Hasil uji
hipotesis statistik menyimpulkan bahwa rata-rata peningkatan hasil belajar siswa
pada kelompok pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar komik digital lebih
tinggi daripada kelompok pembelajaran tanpa menggunakan bahan ajar komik
digital, dengan taraf signifikansi 5%. Oleh karena itu, penggunaan bahan ajar komik
digital pada materi statistika lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa
kelas VIII bergaya belajar visual daripada bahan ajar konvensional.
227305025 | K MTK-22025 NUR p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain