Textbook
Pengembangan Instrumen Penilaian Komitmen Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika jarak jauh
Pentingnya komitmen belajar dalam proses pembelajaran perlu dimiliki
oleh setiap siswa. Penilaian dalam pembelajaran seharusnya juga memperhatikan
aspek afektif, salah satunya komitmen belajar. Kenyataannya, penilaian tentang
komitmen belajar belum banyak dilakukan oleh guru dalam pembelajaran
khususnya pembelajaran matematika. Salah satu penyebabnya adalah belum
banyak tersedia instrumen penilaian yang valid dan reliabel untuk menilai
komitmen belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan dari
penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk menghasilkan perangkat instrumen yang
valid dan reliabel untuk mengukur komitmen belajar siswa pada pembelajaran
matematika jarak jauh. 2) Untuk mengetahui komitmen belajar siswa SMP Negeri
1 Selajambe Kuningan yang menjadi subjek uji coba instrumen yang dikembangkan
dalam penelitian ini. Pengembangan instrumen ini merujuk pada model
pengembangan Saifuddin Azwar yang terdiri dari identifikasi tujuan ukur,
pembatasan domain ukur, operasionalisasi aspek, penulisan butir pertanyaan, uji
coba bahasa, field test, seleksi butir pertanyaan, dan kompilasi final. Peneliti
mengembangkan instrumen penilaian berupa tes pertimbangan situasional yang
disajikan dalam bentuk tes situasi. Jumlah butir pertanyaan pada lembar tes situasi
terdiri dari 11 pertanyaan yang dijabarkan dari 9 indikator komitmen belajar siswa.
Hasil penilaian ahli (expert judgment) menyatakan bahwa instrumen memiliki
validitas yang baik dengan nilai CVR sebesar 1. Hasil penelitian dari 69 siswa kelas
VIII SMP Negeri 1 Selajambe Kuningan menunjukkan bahwa instrumen yang
dikembangkan memiliki nilai reliabilitas sebesar 0,836 yang bermakna reliabilitas
instrumen tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai alat evaluasi lebih lanjut. Selain
itu butir pertanyaan pada instrumen yang dikembangkan memiliki rata-rata daya
beda dengan kategori bagus sekali yaitu sebesar 0, 521, sehingga butir pertanyaan
pada instrumen mampu membedakan antara siswa yang memiliki komitmen belajar
yang rendah, sedang atau tinggi. Dari hasil penelitian diperoleh tingkat komitmen
belajar siswa pada pembelajaran matematika jarak jauh pada kelas VIII SMP Negeri
1 Selajambe Kuningan sebagian besar berada pada kategori sedang dengan
presentase sebanyak 57,97%, dan kategori tinggi sebanyak 24,64%, sedangkan
siswa yang memiliki komitmen belajar rendah sebanyak 17,39%.
227305024 | K MTK-22024 AAS p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain