Textbook
Analisis Komparasi Soal Pada Buku Teks matematika Kurikulum 2013 dan Kurikulum Cambridge (Tinjauan Pada Level Kognitif, Representasi, Kontekstualitas, bentuk Respon)
Buku teks memiliki kedudukan yang sangat penting pada proses
pembelajaran yaitu sebagai alat paling utama yang digunakan dalam penyampaian
pengetahuan yang sesuai dengan rancangan kurikulum untuk mencapai tujuan
pendidikan. Selain sebagai alat penyampaian pengetahuan buku teks matematika
bertujuan sebagai tolak ukur dari proses pembelajaran. Pada hakikatnya mahir
matematika diperoleh dari banyak berlatih mengerjakan soal matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan latihan soal pada buku teks
matematika kurikulum 2013 dengan kurikulum Cambridge berdasarkan level
kognitif taksonomi bloom, bentuk representasi, fitur kontekstual, dan bentuk
respon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis
analisis isi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, tetapi dalam
prosesnya peneliti dibantu oleh rater sebagai konsistensi pengukuran yang
dilakukan peneliti terhadap item-item dalam alat ukur. Peneliti menganalisis buku
teks yang sesuai dengan kurikulum 2013 dan kurikulum Cambridge. Desain yang
digunakan adalah desain studi kasus yang ditunjukkan dengan diagram alur. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi yang dilakukan dengan
memberikan skor tiap-tiap kategori untuk bab teorema pythagoras pada lembar
penilaian. Berdasarkan hasil penelitian pada aspek level kognitif, latihan soal pada
buku teks matematika kurikulum 2013 lebih fokus pada kategori C2 sampai dengan
C4 sedangkan pada buku teks matematika kurikulum Cambridge lebih fokus pada
kategori C2 sampai dengan C5. Pada aspek bentuk representasi, latihan soal pada
buku teks matematika kurikulum 2013 lebih memfasilitasi bentuk visual sedangkan
pada buku teks matematika kurikulum Cambridge lebih memfasilitasi bentuk
gabungan atau masalah yang disajikan memuat dua atau tiga kategori pada aspek
bentuk representasi (bentuk matematika murni, bentuk verbal, bentuk visual). Pada
aspek fitur kontekstual dan bentuk respon, latihan soal baik pada buku teks
matematika kurikulum 2013 ataupun buku teks matematika kurikulum Cambridge
sama-sama lebih memfasilitasi kategori bukan bentuk aplikasi dan tugas tertutup.
227305022 | K MTK-22022 LIF a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain