Textbook
Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Daring
Kemampuan seseorang dalam merumuskan, mengaplikasikan, dan
menggambarkan matematika ke dalam berbagai situasi disebut sebagai literasi
matematika. Kemampuan literasi matematika membantu seseorang untuk
memahami peran atau kegunaan matematika di dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar siswa pada
pembelajaran daring serta kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari
kemandirian belajar pada pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kemandirian
belajar pada pembelajaran daring dan soal tes kemampuan literasi matematika pada
materi aritmetika sosial. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) 13% siswa memiliki kemandirian belajar tinggi, 70% siswa memiliki
kemandirian belajar sedang, dan 17% siswa memiliki kemandirian belajar rendah.
2) untuk kemandirian belajar tinggi menunjukkan bahwa subjek sudah memenuhi
7 kemampuan dalam literasi matematika, kemampuan literasi matematika pada
kategori kemandirian belajar sedang menunjukkan bahwa subjek hanya mampu
memenuhi 5 kemampuan dalam literasi matematika, sedangkan kemampuan literasi
matematika siswa kategori kemandirian belajar rendah menunjukkan bahwa subjek
hanya mampu memenuhi 3 kemampuan dalam literasi matematika.
227305021 | K MTK-22021 YUY a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain