Textbook
Pengaruh Penggunaan Media Geogebra Terhadap hasil Belajar Siswa pada Materi Fungsi Trigonometri di Kelas X SMA Negeri 8 Cirebon
Salah satu penyebab kurang menariknya pembelajaran matematika untuk
SMA adalah faktor kerumitan media pembelajaran yang selaras dengan materi yang
kompleks. Oleh karena itu, media pembelajaran perlu bentuk sajian yang simple
namun menarik. Upaya meningkatkan ketertarikan siswa, yaitu dibutuhkan sebuah
media dalam mendukung pembelajaran matematika. Salah satunya adalah dengan
menggunakan media pembelajaran Geogebra. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui besar pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran berbasis
aplikasi Geogebra terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 8 Cirebon. Metode
penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimental design, yaitu metode
penelitian yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi
sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi
pelaksanaan eksperimen. Hasil penelitian diperoleh nilai Fhitung > Ftabel atau 26,358
> 4,13. Korelasi (r) = 0,661 maka termasuk dalam kategori sedang. Koefesien
determinasi (r2
) = 0,437 atau 43,7% media pembelajaran berpengaruh terhadap
hasil belajar siswa pada pokok bahasan fungsi trigonometri. Berdasarkan hasil
analisis Uji Independent T-test diperoleh nilai thitung sebesar 11,037 dengan
menggunakan taraf signifikansi sebesar 5% diperoleh ttabel sebesar 1,994. Nilai ttabel
tersebut diperoleh dari program excel dengan cara =tinv(0,05;69.) lalu enter. Jika
nilai thitung > ttabel (11,037 > 1,994) maka Ho ditolak. Ini artinya bahwa media
pembelajaran Geogebra dapat meningkatkan hasil belajar siswa
227305019 | K MTK-22019 MUH p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain