Textbook
Penerapan Model Pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) Untuk meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa
Rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan motivasi belajar
siswa khususnya dalam pembelajaran matematika disebabkan oleh beberapa faktor
salah satunya proses pembelajaran yang hanya memfasilitasi siswa pada tahap
menghafal, bukan pada tahap menemukan dan menentukan konsep secara mandiri
selama pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk mengikuti
pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan
komunikasi matematis dan motivasi belajar siswa adalah dengan menerapkan
model pembelajaran CORE. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) penerapan
model pembelajaran CORE mampu meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional, 2) penerapan
model pembelajaran CORE mampu meningkatkan motivasi belajar siswa
dibandingkan model pembelajaran konvensional, 3) respon siswa terhadap
penerapan model pembelajaran CORE dalam pembelajaran. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group.
53 siswa kelas VIII dipilih dengan teknik Purposive Sampling dari populasi yang
terdapat di SMP N 5 Tanjung sebagai subjek eksperimen. Teknik pengunpulan data
meliputi tes kemampuan komunikasi matematis, angket motivasi belajar siswa dan
angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Hasil uji statistik dengan
taraf signifikansi 5% atau (α) = 0,05 menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran CORE lebih efektif dlam meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis siswa dari pada model pembelajaran konvensional, 2) Hasil uji statistik
dengan taraf signifikansi 5% atau (α) = 0,05 menunjukkan bahwa penerapan model
pembelajaran CORE lebih efektif dlam meningkatkan kemampuan komunikasi
matematis siswa dari pada model pembelajaran konvensional, 3) Respon siswa
terhadap penerapan model pembelajaran CORE terhadap kemampuan komunikasi
matematis dan motivasi belajar siswa berada pada kategori cukup baik. Hal ini
ditunjukkan dengan nilai rata-rata respon siswa sebesar 68,33%
227305018 | K MTK-22018 NEL p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain