Textbook
Pengembangan Bahan Ajar Handout dengan Pendekatan Kontestual Untuk meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan ajar handout dengan
pendekatan kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran matematika dan
mengetahui bahan ajar handout dengan pendekatan kontekstual ini mampu
meningkatkan pemahaman matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan
Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data yang
dikumpulkan berupa lembar pengamatan siswa, wawancara guru, angket, serta tes
pemahaman matematis siswa. Validasi handout divalidasi oleh pakar ahli, yaitu
ahli materi, bahasa, dan media, yang meliputi aspek kelayakan, aspek bahasa,
serta aspek kegrafikan. Pada hasil validasi ahli materi mendapatkan skor sebesar
3,44 yang menyatakan “sangat valid”, ahli bahasa mendapatkan skor sebesar 3,69
yang menyatakan “sangat valid”, serta ahli media mendapatkan skor sebesar 3,21
yang menyatakan “valid”. Sehingga perolehan skor rata-rata keseluruhan validasi
mendapatkan nilai sebesar 3,45 yang menyatakan bahan ajar handout “sangat
valid”. Sedangkan pada angket respon siswa dan guru mendapatkan perolehan
skor rata-rata sebesar 3,25 yang menyatakan bahan ajar handout “sangat praktis”,
dan keefektifan bahan ajar handout yang diperoleh dari hasil tes akhir siswa
mendapatkan prosentase rata-rata sebesar 71,8% yang menyatakan “efektif”.
Kemudian pada hasil tes pemahaman siswa yang diikuti oleh 28 siswa
mendapatkan nilai N-gain sebesar 0,6 yang menyatakan pemahaman matematis
siswa “sedang”, yang mana tidak terjadi penurunan pada pemahaman matematis
siswa maupun peningkatan pada pemahaman matematis siswa sehingga relatif
sedang. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti lain untuk menambah
pendekatan atau metode yang lain agar kemampuan pemahaman matematis siswa
meningkat.
227305017 | K MTK-22017 IFA S | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain