Textbook
Pengaruh Penerapan Model Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Kerjasama Siswa pada Materi Bentuk Al-Jabar di MTs Nurul Huda
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan
kerjasama siswa dalam pembelajaran khususnya dalam pelajaran matematika.
Diketahui juga bahwa proses pembelajaran yang dilakukan di kelas masih belum
diajarkan dengan optimal khususnya kerjasama siswa dalam kelas. Sehingga,
ketika proses pembelajaran berlangsung, beberapa siswa terlihat kurang antusias
terhadap pembelajaran, dan menyebabkan kerjasama siswa antar kelompok itu di
dominasi oleh beberapa siswa yang unggul saja. Oleh karena itu, diperlukan
model pembelajaran yang dapat meningkatkan tingkat kerjasama siswa. Salah
satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh dalam penggunaan
model Think Pair Share terhadap kemampuan kerjasama siswa. Metode penelitian
yang digunakan ialah pre-experimental, yaitu dengan penelitian dengan satu
kelompok pretes-posttes (One Grup Pretes-Posttest Design). Populasi penelitian
adalah seluruh siswa kelas VII MTs Nurul Huda Timbang, sedangkan sampel
penelitian adalah kelas VII.1. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes.
Berdasarkan analisis data respon angket siswa terhadap penerapan model
pembelajaran TPS adalah 73% (kategori baik). Sementara itu, analisis skor pretest
dan posttest siswa menggunakan uji paired t test, diperoleh nilai signifikansi
adalah 0,000. Oleh karena itu, terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest dan
posttest siswa yaitu 42,7 dan 79,53. Selanjutnya, diperoleh nilai n-gain adalah
0,32 (kategori sedang). Setelah itu, peneliti melakukan uji hipotesis menggunakan
rumus product moment, diperoleh hasil nilai signifikansi antara angket dan nilai
posttest adalah 0,457 (kategori sedang). Dengan demikian, seluruh data
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TPS dapat meningkatkan
kemampuan kerjasama siswa kelas VII. Peneliti menyarankan bahwa model
pembelajaran TPS adalah salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat
diterapkan oleh guru dan diperlukan manajemen waktu seefektif mungkin agar
setiap langkah dalam pembelajaran TPS dapat dilaksanakan secara baik.
227305015 | K MTK-22015 WIN p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain