Textbook
Pengembangan Brosur Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual Untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan bahan ajar berupa brosur pembelajaran matematika berbasis
kontektual dan juga untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan
kreativitas siswa setelah menggunakan bahan ajar brosur yang dikembangkan. Uji
coba dilakukan di SMP Assuniyah Losari, melibatkan 52 siswa, 26 siswa kelas
VII A sebagai kelas kontrol dan 26 siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan metode pengembangan menggunakan model 4D. Model
pengembangan 4D ini ada 4 tahap, yaitu define (pendefinisian), design
(perancangan), develop (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, dan tes. Penenetuan
tingkat kelayakan bahan ajar berdasarkan uji validasi ahli materi dan media
dikatakan layak apabila memperoleh kriteria “tinggi”. Hasil penelitian
menunjukkan bahan ajar brosur dinyatakan layak melalui pengujian ahli materi
dan media. Hasil validasi aiken’s dari ahli materi terhadap bahan ajar brosur
menunjukan nilai yang sangat baik yaitu dengan nilai rata-rata 0.94 dengan
kriteria tinggi. Hasil validasi dengan menggunakan koefisien validasi aiken’s dari
ahli media menunjukkan hasil yang sangat baik yaitu dengan nilai rata-rata 0.87
dengan kriteria tinggi. Hasil uji paired sample t diketahui Asymp.Sig. (2-Tailed)
bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, artinya terdapat
perbedaan antara hasil kreativitas siswa dan hasil belajar siswa sebelum dan
sesudah menggunakan bahan ajar brosur matematika kontekstual yang kuat dan
signifikan. Adapun hasil uji independent sample t test diketahui bahwa nilai
Asymp. Sig. (2-Tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Artinya terdapat perbedaan
signifikan pada hasil kreativitas siswa serta hasil belajar matematika antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut selaras dengan respon siswa yang
menyatakan bahwa penggunaan bahan ajar brosur dalam proses pembelajaran
dapat membantu siswa memahami materi garis dan sudut dengan presentase
sebesar 61% atau dengan kata lain hampir seluruh siswa memberikan respon yang
positif terkait penggunaan bahan ajar brosur matematika dalam proses
pembelajaran yang menujukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan
yang signifikan antara kelompok siswa yang menggunakan bahan ajar brosur dan
kelompok siswa yang tidak menggunakan bahan ajar brosur sehingga dapat
diartikan bahwa bahan ajar brosur matematika kontekstual efektif terhadap hasil
belajar siswa dan peningkatan kreativitas siswa.
227305014 | K MTK-22014 NEL p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain