Textbook
Pengembangan Handout Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Berdasarkan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik
Sebagian besar pembelajaran di kelas hanya menggunakan sumber belajar
dari buku teks dan LKS yang isinya hanya memuat rumus dan materi tanpa
menjelaskan konsep matematika yang sesungguhnya dengan begitu siswa menjadi
jenuh dalam kegiatan belajar matematika, oleh sebab itu, perlu adanya inovasi baru
dalam sumber belajar yang digunakan yaitu handout materi bangun ruang sisi datar
kelas VIII berdasarkan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Tujuan
penelitian ini adalah mengembangkan handout materi bangun ruang sisi datar kelas
VIII berdasarkan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan mengetahui
efektifitas dari handout materi bangun ruang sisi datar kelas VIII berdasarkan
pendekatan pembelajaran matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar
siswa. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-A untuk
ujicoba instrument tes, 20 siswa kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen, dan 20
siswa kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini merupakan penelitian
dan pengembangan (Research and Development) dengan metode pengembangan
model 4-D oleh Thiagarajan, dkk, yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Develop, dan 4)
Disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan wawancara.
Penentuan tingkat kelayakan produk berdasarkan uji validasi ahli materi, ahli media
dan uji coba produk kepada siswa melalui tes dan angket serta handout dikatakan
layak apabila memperoleh kriteria minimal validitas sedang. Hasil validasi ahli
materi terhadap handout menunjukan nilai rata-rata 0,8106 dengan kriteria validitas
tinggi dan dinyatakan layak. Hasil validasi ahli media terhadap handout
menunjukan nilai rata-rata 0,8698 dengan kriteria validitas tinggi dan dinyatakan
layak. Dari hasil post-test kelas eksperimen diperoleh bahwa hampir seluruhnya
siswa tuntas. Hasil uji Independet Sample Test pada tahap uji coba pemakaian kelas
eksperimen menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) sebesar 0,034, dengan
demikian nilai signifikasi < 0,05 artinya terdapat perbedaan signifikan pada
peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal
tersebut selaras dengan respon siswa yang menyatakan bahwa penggunaan handout
materi bangun ruang sisi datar kelas VIII berdasarkan pendekatan pembelajaran
matematika realistik pada tahap ujicoba pemakaian memperoleh presentase 79%
dengan kriteria hampir seluruhnya siswa memberikan respon positif terhadap
handout. Jadi handout materi bangun ruang sisi datar kelas VIII berdasarkan
pendekatan pembelajaran matematika realistik efektif dalam meningkatkan hasil
belajar.
227305013 | K MTK-22013 LIL p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain