Textbook
Pengembangan Instruen Penilaian Kreativitas Matematis Siswa dalam Konteks Pembelajaran Jarak Jauh
Kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) mulai diterapkan di Indonesia
semenjak awal tahun 2020 guna memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Hal
ini menyebabkan banyak perubahan dalam kegiatan pembelajaran, karena
pembelajaran yang biasa dilaksanakan secara tatap muka beralih ke PJJ. Penelitian
ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan
perangkat instrumen penilaian kreativitas matematis siswa pada masa PJJ.
Pengembangan dilakukan dengan tahapan: (1) Penyusunan spesifikasi tes (2)
Penulisan soal tes (3) Telaah soal tes (4) Pebaikan soal tes (5) uji coba tes (6)
Analisis butir soal tes dan (7) Penafsiran hasil tes. Adapun teknik pengumpulan
data yang digunakan yaitu wawancara, expert judgment dan tes. Validasi
instrumen dilakukan oleh tiga orang ahli di bidang pendidikan matematika untuk
mengetahui kualitas instrumen yang dikembangkan. Uji coba dilakukan di SMP
Negeri 1 Arjawinangun, melibatkan 187 siswa kelas VII sebagai subjek uji coba.
Hasil penelitian menghasilkan perangkat instrumen penilaian keativitas matematis
yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda, 8 butir soal dikatakan valid dan 2
butir lainnya tidak valid. Hasil uji coba instrumen penilaian memiliki tingkat
reliabilitas yang baik dengan nilai cronbach’s alpha yaitu 0,779. Tingkat
kesukaran butir soal termasuk dalam kategori sedang berada pada rentang 0,31 –
0,70, sehingga butir soal yang dikembangkan diterima dan layak digunakan untuk
melakukan tes dengan tujuan formatif. Dari delapan butir soal, dua butir soal
memiliki indeks daya pembeda baik berada pada rentang 0,41 – 0,70 dan enam
butir butir soal lainnya memiliki indeks daya pembeda yang baik sekali berada
pada rentang 0,71 – 1,00. Ditinjau dari efektivitas pengecoh, secara keseluruhan
dilihat dari jawaban peserta tes dikategorikan memiliki distraktor yang berfungsi
dengan baik, dari 8 butir soal terdapat 5 butir soal (62,5%) yang semua
distraktornya berfungsi dengan baik serta 3 butir soal lainnya (37,5%) terdapat
distraktor yang berfungsi dengan baik.
227305011 | K MTK-22011 SAB p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain