Textbook
Efektivitas Penggunaan Metode Tutorial Berbantuan Media Video Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika
Pada umumnya, matematika merupakan mata pelajaran yang sukar dan
kurang disenangi dan dibenci oleh kebanyakan siswa. Salah satu penyebab
pelajaran matematika kurang disukai siswa adalah jarang menggunakan
media/alat peraga dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu penelitian
menggunakan metode tutorial berbantuan media video dalam pembelajaran
matematika. Masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Seberapa baik
kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan fungsi sebelum
penerapan metode tutorial berbantuan media video? (2) Seberapa baik
kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan fungsi sesudah
penerapan metode tutorial berbantuan media video? (3) Sejauh mana efektivitas
penerapan metode tutorial berbantuan media video untuk meningkatkan
keterampilan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan fungsi? (4)
Sejauh mana respon siswa terhadap metode tutorial berbantuan media video untuk
meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan
fungsi? Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah (1) Untuk mengetahui seberapa
baik kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi dan fungsi
sebelum penerapan metode tutorial berbantuan media video. (2) Untuk
mengetahui seberapa baik kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi
relasi dan fungsi sesudah penerapan metode tutorial berbantuan media video. (3)
Untuk mengetahui efektivitas penerapan metode tutorial berbantuan media video
untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa kelas XI pada materi relasi
dan fungsi. (4) Untuk mengetahui seberapa baik respon siswa terhadap metode
tutorial berbantuan media video untuk meningkatkan berfikir kritis siswa kelas XI
pada materi relasi dan fungsi. Penelitian dilakukan di SMK Plus Fatahilah.
Metode yang digunakan eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XI
sebanyak 29 siswa dan terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas control sebanyak 38
siswa dan eksperimen 29 siswa, sedangkan pengambilan sampel penelitian ini
menggunakan cluster random sampling. Untuk pengumpulan data dalam
penelitian ini berupa angket, tes, observasi dan dokumentasi. Penulis
menyimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: untuk kriteria atau penerimaan
hipotesis untuk taraf signifikan Tes kemampuan berfikir kritis siswa sebelum
penggunaan media tutorial ini memiliki rata-rata 51,03 besarnya kontribusi yang
diberikan 1,480. Tes kemampuan berfikir kritis siswa sesudah penggunaan media
tutorial ini memiliki rata-rata 67,24 besarnya kontribusi yang diberikan 1,950
penggunaan media tutorial berbantuan media video terhadap kemampuan berfikir
kritis siswa ini menyelesaikan materi soal-soal Fungsi dan sisanya dipengaruhi
oleh faktor lain.
227305009 | K MTK-22009 MUH e | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain