Textbook
Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Jarak jauh Pada Mata Pelajaran Matematika di SMK PGRI Ciawigebang
Di indonesia, selama masa pendemi covid-19, pemerintah mengeluarkan
kebijakan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pemberlakuan PJJ ini merupakan hal yang
baru bagi sistem pendidikan di indonesia sehingga menimbulkan berbagai persepsi
baik dari kalangan pendidik, peserta didik, maupun orang tua. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persentase persepsi siswa
terhadap pelaksanaan PJJ pada mata pelajaran matematika di SMK PGRI
Ciawigebang, dan juga untuk mengetahui bagaimana persentase persepsi siswa
pada setiap aspek komponen pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini
adalah siswa SMK PGRI Ciawigebang yang berjumlah 88 siswa yang terdiri dari
35 siswa kelas X dan 53 siswa kelas XI. Penelitian ini terbatas kepada empat aspek
komponen pembelajaran yaitu meliputi aspek guru, media pembelajaran, metode
pembelajaran, dan bahan ajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket atau kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
persepsi siswa terhadap pelaksanaan PJJ pada mata pelajaran matematika di SMK
PGRI Ciawigebang masuk kategori positif dengan persentase rata-rata sebesar
76%, dan persepsi siswa terhadap pelaksanaan PJJ pada mata pelajaran matematika
berdasarkan aspek komponen pembelajaran menunjukkan bahwa pada aspek guru
diperoleh persepsi yang positif dengan persentase rata-rata sebesar 78%, pada aspek
media pembelajaran diperoleh persepsi yang positif dengan presentase rata-rata
sebesar 74%, pada aspek metode pembelajaran diperoleh persepsi yang positif
dengan presentase rata-rata sebesar 74%, dan pada aspek bahan ajar diperoleh
persepsi yang positif dengan persentase rata-rata sebesar 74%. Hasil ini
menunjukkan bahwa persentase rata-rata pada aspek komponen pembelajaran
semuanya dipersepsikan siswa positif.
227305008 | K MTK-22008 ALF p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain