Textbook
Perubahan Level Kemampuan Kognitif Matematika Siswa Kelas VIII Berdasarkan Bentuk Test Pilihan Ganda dan Uraian Terbatas pada Pokok Bahasan Statistika
Bentuk tes pilihan ganda dan uraian terbatas memiliki karakteristik yang
berbeda, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, dalam
pelaksanaannya bentuk tes memiliki peran penting untuk mengetahui kemampuan
kognitif matematika, namun pada pelaksanaan di SMP Negeri 3 Sumber, guru
matematika memberikan tes yang berbeda pada setiap materinya. Penelitian ini
bertujuan untuk (1) mengetahui perubahan kemampuan kognitif matematika siswa
yang mendapatkan perlakuan berupa tes pilihan ganda; (2) mengetahui perubahan
kemampuan kognitif matematika siswa yang mendapatkan perlakuan berupa tes
uraian terbatas; (3) mengetahui perubahan kemampuan kognitif matematika siswa
yang mendapatkan perlakuan berupa tes campuran (pilihan ganda dan uraian
terbatas) dan; (4) mengetahui perbedaan kemampuan kognitif berdasarkan bentuk
tes. Penelitian ini menggunakan metode quasi eskperimental dengan menggunakan
desain pretest posttest, nonequivalent multiple-group design. Subyek penelitiannya
adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sumber dengan mengambil sampel 60 siswa
berdasakan teknik simple random sampling. Adapun metode analisis yang
digunakan yaitu One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ratarata perubahan kemampuan kognitif siswa pada kelompok yang mendapat
perlakuan berupa tes pilihan ganda tergolong sedang dengan nilai rata-rata N-Gain
0,6843; (2) rata-rata perubahan kemampuan kognitif siswa pada kelompok yang
mendapat perlakuan berupa tes uraian terbatas tergolong sedang dengan nilai ratarata N-Gain 0,6618; (3) rata-rata perubahan kemampuan kognitif siswa pada
kelompok yang mendapat perlakuan berupa tes campuran (pilihan ganda dan uraian
terbatas) tergolong tinggi dengan nilai rata-rata N-Gain 0,7565 dan; (4) hasil uji
hipotesis dengan tingkat signifikansi 5% menunjukkan bahwa adanya perbedaan
kemampuan kognitif yang signifikan berdasarkan bentuk tes. Perbedaan
kemampuan kognitif ditunjukkan pada pengujian lebih lanjut, diperoleh adanya
perbedaan antara bentuk tes uraian terbatas dengan bentuk tes campuran (pilihan
ganda dan uraian terbatas) dan perbedaan antara bentuk tes pilihan ganda dengan
bentuk tes campuran (pilihan ganda dan uraian terbatas), hal ini menunjukkan
bahwa pemberian bentuk tes campuran (pilihan ganda dan uraian terbatas
memberikan efek yang terbaik dibanding kedua perlakuan lainnya.
227305006 | K MTK-22006 NUR p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain