Textbook
Manajemen Tenaga kependidikan dalam Meningkatkan Profesionalisme Tata Usaha di MTs SA AL-Ma'Rifah Kebon Kelapa Kecamatan gempol Kabupaten Cirebon
Kepala Madrasah selaku manajer di sekolah tentu harus mempunyai strategi
dalam meningkatkan kinerja staf tata usaha untuk terus bekerja secara
professional dan memberikan kesempatan kepada tata usaha untuk meningkatkan
profesinya dan mendorong keterlibatan seluruh tenaga kependidikan untuk
mendorong setiap kegiatan yang menunjang program sekolah. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan Kepala Madrasah dalam
meningkatkan profesionalisme tata usaha serta untuk mengetahui pelaksanaan
Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tata usaha juga untuk
mengetahui evaluasi Kepala Madrasah dalam meningkatkan profesionalisme tata
usaha. Dalam penelitian peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif,
penelitian dengan metode deskriptif yang menggambarkan temuan lapangan
dengan apa adanya sesuai dengan fakta yang ada di lapangan untuk mendapatkan
hasil penelitian yang sesuai dengan peneliti inginkan, untuk itu peneliti
menggunakan teknis pengumpulan data yaitu: Observasi, Wawancara dan
Dokumentasi. Dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa 1) perencanaan dalam
meningkatkan profesionalisme tata usaha sudah dilakukan dengan cukup baik
dalam analisis jabatan sudah sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan disekolah,
adapun dalam penempatan kerja masih kurang maksimal karena masih terdapat
staf tata usaha yang merangkap jabatan menjadi tenaga pendidik atau guru. 2)
pelaksanaan dalam meningkatkan profesionalisme tata usaha sudah dilakukan
dengan baik dalam pengembangan, pelatihan maupun pendidikan, serta pemberian
kompensasi dan reward, adapun dalam pemenuhan sarana dan prasarana masih
kurang sehingga kinerja tata usaha terhambat karena belum menunjang fasilitas
kinerja tata usaha. 3) evaluasi yang dilaksanakan Kepala Madrasah dalam
meningkatkan profesionalisme tata usaha sudah dilakukan dengan baik yang
biasanya dilaksanakan selama satu bulan sekali dalam meakukan evaluasi.
Evaluasi dalam kompetensi kepribadian, social, teknis dan menejerial sudah
cukup baik.
227310010 | K MPI-22010 ISM m | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain