Textbook
Pengelolaan Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Belajar Mengajar di MA Ash-Shalah Kaliwedas Cirebon
Sarana dan prasarana yang ada di MA Ash-Shalah masih terdapat kurang
memadai, masih terdapat kekurangan sarana dan prasarana di MTs. Al Hasanah
Medan. Mutu pembelajaran di MA Ash-Shalah Sumber lebih berpengaruh pada
guru, siswa dan sarana. Kegiatan pengelolaan sarana dan prasarana yang ada di
MA Ash-Shalah Sumber dilakukan melalui 4 tahap, yaitu: perencanaan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan sarana dan prasarana. Dalam
penerapan manajemen sarana dan Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di
madrasah terdapat beberapa faktor yang sangat mempengaruhinya. Salah satu
faktor tersebut adalah adanya sarana dan prasarana pendidikan yang merupakan
bagian penting dari sebuah lembaga pendidikan. Oleh karena itu diharapkan
kepada semua madrasah agar mengelola sarana dan prasarana pendidikan yang
baik yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dengan
adanya manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang baik, maka semua
fasilitas pendidikan selalu dalam kondisi siap pakai pada saat dibutuhkan,
sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien dan
tercapailah tujuan pendidikan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif
yakni pendekatan yang bersifat deskriptif, dalam bentuk data-data berupa
keterangan subyek, uraian kata-kata atau kalimat. Penelitian ini bertujuan untuk
Untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di MA ashshalah, Untuk mengetahui kualitas pembelajaran yang ada di ma ash-shalah,
Untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran yang ada di MA ash-shalah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi sarana dan prasarana yang ada di
MA Ash-Shalah Sumber rusak ringan dan rusak berat untuk itu diperlukannya
perbaikan sarana dan prasarana. proses berjalanya pendidikan di madarasah masih
dalam tahap perkembangan karena pada dasarnya sarana ini belum memenuhi
sarana kebutuhan media pembelajaran di kelas, adapaun masalah yang
menghambat proses pembelajaran yang efektif di karenakan kurangnya
Administrasi untuk memenuhi sarana yang menunjang proses kegiatan
pembelajaran, dan juga komunikasi antar guru dan murid yng kurang dalam hal
pembelajaran masoh banyak guru yang belum bertanggung jawab atas kinerjanya
di karenakanan pendapataan yang seadanya dari tenaga pendidik mengakibatkan
krangnya kinerja guru di MA Ash-Shalah Sumber.
227310004 | K MPI-22004 RIZ p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain