Textbook
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL EKOSISTEM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Pembelajaran di masa pendemi memberikan tantangan tersendiri bagi tenaga
pendidik untuk meningkatkan kreativitas dan inovasinya dalam menentukan dan
menyusun bahan ajar yang menarik. Salah satu bahan ajar yang dapat
dikembangkan adalah E-modul yang memuat sintak pembelajaran agar siswa
dapat belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan
menganalisis kelayakan bahan ajar E-modul berbasis Problem based learning
(PBL) pada materi ekosistem. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
dengan model penelitian ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analisis
(Analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi
(implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah pendidik
dan peserta didik yang terdapat di SMA/MA di Kota dan Kabupaten Cirebon.
Objek penelitian ini adalah pengembangan E-modul berbasis Problem based
learning (PBL) pada materi ekosistem. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah angket yang terdiri dari lembar validasi ahli, lembar judgemen pendidik,
dan lembar respon peserta didik. Data validasi ahli dianalisis menggunakan teknik
analisis Gregory, data judgement dianalisis menggunakan teknik analisis Aiken,
dan data respon peserta didik dianalisis menggunakan teknik CVR (Conten
Validity Ratio). Bedasarkan hasil penelitian E-modul ekosistem berbasis Problem
based learning (PBL) yang telah dikembangkan diperoleh nilai kevalidan dan
kepraktisan yang sangat tinggi. E-modul ekosistem berbasis Problem based
learning (PBL) dinyatakan sangat valid ahli materi dan media dengan rata-rata
penilaian 1,00 menggunakan analisis data gregory. Judgement pendidik
menyatakan sangat layak dengan perolehan rata-rata nilai 0,93 pada aspek konten
dan 0,86 pada aspek media dengan menggunakan analisis aiken. Selain itu, Emodul ekosistem berbasis Problem based learning (PBL) dinyatakan sangat
praktis menurut respon peserta didik dengan perolehan 0,86 menggunakan teknik
analisis CVR CVR (Conten Validity Ratio)
227306037 | K BIO-22037 CAH p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain