Textbook
PENERAPAN INTEGRASI RELIGIUS VALUE MELALUI E-ENSIKLOPEDIA BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PERSONAL RELIGION KNOWLEDGE (PRK)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman agama siswa
atau Personal Religion Knowledge (PRK) dengan memanfaatkan sumber belajar
e-ensiklopedia biologi. Pemahaman agama yang rendah dikarenakan sistem
pembelajaran luring menggunakan buku paket yang masih kurang bervariasi
sebagai alat dalam menunjang kegiatan pembelajaran integrasi religius value
secara luring. Keseluruhan tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk 1) Untuk
mendeskripsikan aktivitas pembelajaran biologi yang menerapkan integrasi
religius value melalui e-ensiklopedia, 2) mengkaji perbedaan PRK siswa, 3)
mendeskripsikan respon siswa terhadap sumber belajar e-ensiklopedia biologi.
Penelitian ini dilaksanakan dari bulan September sampai Oktober 2021.
Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 20 siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas
kontrol dan 20 siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian
yang digunakan adalah pretest-posttest control group design jenis kuantitatif
dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, observasi,
angket dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan software SPSS.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) aktivitas belajar siswa dengan
menggunakan e-ensiklopedia mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya.
Pembelajaran dengan menggunakan sumber belajar e-ensiklopedia mampu
meningkatkan PRK siswa, 2) peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen
dan kontrol meningkat, rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,5 dan ratarata N-Gain kelas kontrol sebesar 0,32. Hasil uji statistik menghasilkan Sig. 0,029
< 0,05, artinya H0 ditolak dan Ha diterima, 3) Hasil respon siswa terhadap sumber
belajar e-ensiklopedia biologi berbasis integrasi religius value pada materi
keanekaragaman hayati di MAN 2 Kota Cirebon adalah baik, dengan persentase
82,8%.
227306035 | K BIO-22035 MOH p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain