Textbook
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS MICROSOFT TEAMS FOR
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan efektivitas pembelajaran jarak jauh
(Microsoft Teams for Education) terhadap hasil belajar kognitif siswa, (2) Menganalisis
perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa, dan (3) Mendeskripsikan respon
siswa terhadap pembelajaran biologi menggunakan aplikasi pembelajaran Microsoft
teams for education pada materi pokok klasifikasi makhluk hidup. Penelitian ini
dilakukan di SMAN 1 Gegesik, Kabupaten Cirebon, dengan populasi siswa sebanyak 180
orang. Sampel terdiri 35 siswa di kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa
di kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Menggunakan desain eksperimen PretestPosttest Control Group Design, tes dan angket respon pembelajaran dengan
menggunakan pendekatan saintifik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajar jarak jauh (Microsoft Teams
for Education). 1) Pada kelas kontrol (Whatsapp Messenger) diperoleh hasil pada tahap
mengamati (observing) 10,00%, menanya (questioning) 10,00%, mengumpulkan data
(data collection) 52,10%, mengasosiasi (associating) 7,39%, dan mengkomunikasikan
(communicating) 10,00%, sedangkan pada kelas eksperimen (Microsoft Teams) tahap
mengamati (observing) 10.00%, menanya (questioning) 10,00%, mengumpulkan data
(data collection) 57,59%, mengasosiasi (associating) 7,47%, dan mengkomunikasikan
(communicating) 10,00%, 2) terdapat hasil peningkatan yang signifikan antara kelas
eksperimen (Microsoft Teams) dan kelas kontrol (Whatsapp messenger) rata-rata nilai N
gain kelas eksperimen 0.59, sedangkan kelas kontrol 0.37. 3) Respon siswa terhadap
pembelajaran biologi menggunakan media aplikasi Microsoft Teams memperoleh
persentase mencapai 37% kategori cukup dan 63% termasuk dalam kategori kuat.
227306033 | K BIO-22033 AYU e | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain