Textbook
Penerapan pendekatn CTL (content teaching And Learning) Pada Pembelajaran Biologi Materi Pencemaran Lingkungan untuk meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Peduli lingkungan hidup
Pembelajaran yang diajarkan pada saat ini hendaknya memberikan
penekanan bukan hanya pada teori melainkan mengajarkan bagaimana cara suatu
pembelajaran yang dapat diterapkan dalam suatu permasalahan lingkungan.
Dalam hal ini penelitian ini bertujuan untuk 1)Mengetahui aktivitas belajar siswa
terhadap pembelajaran biologi menggunakan penerapan CTL (Contextual
Teaching and Learning) 2)Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa
3)Mengetahui sikap peduli lingkungan siswa pada saat pembelajaran. Penelitian
ini merupakan penelitian yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan CTL, sedangkan
kelompok kontrol menggunakan ceramah. Variabel penelitian ini terdiri dari
variabel bebas yaitu CTL, dan variabel terikat yaitu sikap peduli lingkungan.
Metode pengumpulan data yaitu tes untuk mengetahui hasil belajar, angket untuk
mengumpulkan data tentang sikap peduli lingkungan, dan observasi untuk
mengumpulkan data tentang proses pembelajaran. Kemudian dianalisis dengan uji
homogenitas, normalitas, uji beda dan uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukan penerapan pendekatan CTL pembelajaran
kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Dengan rata-rata
persentase aktivitas siswa kelas eksperimen pada setiap pertemuan yakni 75% dan
88% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 74% dan 85%. Hasil belajar siswa
kelas eksperimen dan kelas kontrol meningkat, rata-rata N-Gain kelas eksperimen
sebesar 0,59 dan kelas kontrol sebesar 0,40. Sikap peduli lingkungan siswa kelas
eksperimen dan kelas kontrol meningkat, rata-rata N-Gain kelas eksperimen
sebesar 0,50 dan kelas kontrol sebesar 0,33. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat
diterapkan dengan sangat baik, hasil belajar siswa pada materi pencemaran
lingkungan meningkat dan sikap peduli lingkungan siswa sangat positif terhadap
penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk
Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan.
227306032 | K BIO-22032 SIT p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain