Textbook
Penerapan Aplikasi Tik Tok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas XI dalam Pembelajaran Daring di SMAN 1 Luragung
Proses pembelajaran dengan sistem pembelajaran daring adalah salah satu upaya dan
kebijakan Mendikbud terhadap pendidikan di Indonesia yang ikut terdampak karena wabah
pandemi Covid-19 pada saat ini. Proses komunikasi dan interaksi guru dengan siswa di
masa pandemi Covud-19 mengalami perubahan, kegiatan yang semulanya dilakukan
secara tatap muka di ruang kelas (konvensional) kini beralih menjadi interaksi secara
virtual (online). Keterampilan berpikir kritis siswa adalah kemampuan tingkat tinggi siswa
dalam menguasai konsep pembelajaran yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari
dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian adalah (1) mengkaji keterampilan berpikir
kritis siswa pada saat aktivitas belajar dengan menggunakan aplikasi Tik Tok pada materi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan, (2) menganalisis perbedaan peningkatan
keterampilan berpikir kritis siswa yang menggunakan aplikasi Tik Tok dengan siswa yang
tidak menggunakan aplikasi Tik Tok dan (3) mengkaji seberapa besar respon siswa
terhadap pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Tik Tok. Penelitian ini dilaksanakan
di SMAN 1 Luragung Semester Genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group. Sampel yang digunakan
adalah kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas
kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui test berupa pretest-posttest,
lembar observasi dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis
kuantitaif deskriptif dengan uji statistik melalui program SPSS untuk menguji normalitas,
homogenitas, uji N-gain serta untuk menguji kebenaran hipotesis menggunakan uji paired
sampel t-Test dan uji independt t-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) keterampilan
berpikir kritis siswa saat aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik
dibandingkan pada kelas kontrol serta kehadiran dan nilai tugas siswa kelas eksperimen
lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol, (2) terdapat peningkatan keterampilan
berpikir kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, akan tetapi pada kelas eksperimen
keterampilan berpikir kritis siswa lebih tingi dibandingkan dengan perolehan nilai sebesar
60, 42 dan pada kelas kontrol sebesar 48,86. Hasil uji paired sampel t-Test menunjukkan
bahwa penggunaan aplikasi Tik Tok dalam pembelajaran memberikan pengaruh yang baik
dan efektif untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran online. (3) Siswa
memberikan respon baik dengan nilai presentasi mencapai 78% dan termasuk kategori
kuat.
227306029 | K BIO-22029 EEF p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain