Textbook
Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dalam Buku Teks Biologi Kelas XI Materi Sistem Pernapasan
Keterampilan proses sains (KPS) merupakan bagian dari keterampilan abad 21.
Buku teks sebagai sarana belajar bagi siswa hendaknya bisa menunjang
perkembangan KPS. Untuk itu penting dilakukan analisis terhadap KPS dalam
buku teks biologi guna mengetahui kualitas sajian KPS dalam buku teks tersebut.
KPS dasar yang digunakan dalam penelitian ini ada lima aspek yaitu mengamati,
mengkomunikasikan, mengklasifikasikan, memprediksi dan mengukur sedangkan
KPS terintegrasi yang digunakan ada empat aspek yaitu mendefinisikan
operasional variabel, merumuskan hipotesis, menafsirkan data serta
mempersiapkan percobaan dan bereksperimen. Buku teks Biologi Kelas XI yang
dianalisis berjumlah tiga buah dengan materi yang dipilih adalah sistem
pernapasan pada manusia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknis
analisis isi. Dari hasil penelitian dapat diperoleh bahwa tiap buku memiliki
perbedaan dalam menyajikan KPS. Buku C menjadi yang paling unggul dalam
menyajikan KPS dasar. Buku A unggul dalam menyajikan KPS terintegrasi.
Perbandingan KPS dasar dan KPS terintegrasi dalam tiap buku memiliki
perbedaan. Buku A memiliki perbandingan yang hampir sama besar antara KPS
dasar dan KPS terintegrasi sedangkan Buku C menjadi yang paling jauh
perbandingannya. KPS dasar lebih banyak muncul dalam buku teks dibandingkan
KPS terintegrasi. Perbandingan sajian KPS antar buku teks juga memiliki
perbedaan. Buku C sudah sangat memfasilitasi dalam menyajikan KPS dasar
namun sajian KPS terintegrasi hanya masuk kategori cukup memfasilitasi. Buku
A dapat memfasilitasi KPS terintegrasi dan KPS dasar namun penyajian KPS
dasar masih dibawah Buku C. Buku B cukup memfasilitasi KPS dasar dan dapat
memfasilitasi KPS terintegrasi.
227306025 | K BIO-22025 DHI a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain