Textbook
Penerapan Aplikasi Google Classroom Pada Proses Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Di SMA NEGERI 1 JAMBLANG
Pandemi Covid – 19 berdampak ke berbagai sektor kehidupan seperti
ekonomi, sosial termasuk juga pendidikan dan kebudayaan. Untuk
keberlangsungan proses belajar mengajar yang dilakukan di rumah peserta didik
masing – masing melalukan pembelajaran secara daring (online), penerapan
pembelajaran secara daring maka membutuhkan kesiapan untuk tenaga
pendidikann maupun guru. Salah satunya metode pembelajaran online saat ini
sedang berkembang dan mulai digunakan adalah Aplikasi Google Classroom.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan bertanya siswa pada
saat pembelajaran daring menggunakan Aplikasi Google Classroom. Berdasarkan
hal tersebut maka perlu adanya penerapan aplikasi google classroom pada proses
pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan bertanya siswa.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji keterampilan bertanya siswa
sebelum penerapan aplikasi google classroom dalam proses pembelajaran di kelas
XI IPA dalam proses pembelajaran biologi materi sistem eksresi, untuk mengkaji
respon siswa dalam proses pembelajaran biologi materi sistem eksresi. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jamblang
dengan populasi seluruh siswa kelas XI jurusan IPA dan sampel pada penelitian
ini adalah kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6. Instrumen dan teknik pengumpulan data
adalah dengan menggunakan lembar observasi dan angket. Prosedur penelitian
dimulai dari penentuan waktu dan tempat penelitian, pembuatan instrumen,
validasi instrumen, pengambilan data, analisis data, hingga penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pemahaman pembelajaran
menggunakan aplikasi google classroom yang baik, tingkat keterampilan bertanya
antara kelas konrtol / kelas yang menggunakan aplikasi PSMA dengan kelas
eksperimen / kelas yang menggunakan aplikasi google classroom mengalami
perbedaan yang signifikan dimana pada kelas eksprimen pertemuan pertama
tingkat keterampilan bertanya terdapat perbedaan keterampilan bertanya siswa
antara kelas yang menggunakan Aplikasi Google Classroom dengan kelas yang
menggunakan Aplikasi PSMA, hal ini dilihat dari persentase setiap pertemuan
yang mengalami peningkatan. Rekapitulasi hasil observasi keterampilan bertanya
siswa pada kelas eksperimen di pertemuan pertama persentasenya menunjukkan
53% dengan kriteria cukup dan 76% dengan kriteria baik di pertemuan kedua.
Pada kelas kontrol persentasenya 50% dan 56% pada pertamuan pertama dan
kedua dengan kriteria cukup Dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi google
classroom pada proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan bertanya
siswa di SMA Negeri 1 Jamblang mengalami peningkatan keterampilan bertanya
siswa.
227306024 | K BIO-22024 NUR P | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain