Textbook
Perbedaan Penerapan Instrumen Test Berbantuan Platform Quizizz Dengan Google Form Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis siswa Kelas X Konsep Materi Virus Di SMAN 1 DUKUPUNTANG
Evaluasi merupakan kegiatan yang sangat penting yang dilakukan oleh
siswa guna mengukur kemampuan siswa dalam memahami dan menguasai materi
pada suatu mata pelajaran. Penerapan Instrumen Test Berbantuan Platform
Quizizz Dengan Google Form adalah solusi yang ditawarkan peneliti untuk
mengukur Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa. Penelitian ini dilakukan di
SMAN 1 Dukupuntang dengan kelas X IPA dengan jumlah 30 siswa untuk
masing-masing kelas. X IPA 3 sebagai kelas eksperimen atau kelompok yang
menerapkan platfrom Quizizz dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol atau kelompok
yang menerapkan Google form. Dalam hal ini tes dari kedua kelas tersebut
menunjukan nilai N-Gain untuk kelas eksperiman sebesar 0,40 yang termasuk
kedalam kategori sedang. Sedangkan, untuk N-Gain kelas kontrol memiliki nilai
sebesar 0,22 yang termasuk kedalam kategori rendah. Perbedaan peningkatan
keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukan
hasil uji hipotesis umum secara menyeluruh menunjukkan bahwa nilai N-Gain
memiliki angka sig. 0,017 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima atau
terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan. Apabila ditinjau dari pasca
pembelajaran yang sudah dilakukan pada kelas eksperimen memiliki peningkatan
yang sedikit tinggi daripada kelas kontrol. Penelitian ini diharapkan dapat
menjadi contoh bagi guru dan calon guru untuk dapat terus melakukan
pembaharuan sesuai dengan kebutuhan pendidikan, khususnya mempermudah
dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran.
227306023 | K BIO-22023 ANA p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain