Textbook
META-ANALISIS PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI
Data dari berbagai penelitian terdahulu dalam bidang pendidikan terkhusus
model Project Based Learning tersedia cukup melimpah dalam bentuk jurnal
maupun skripsi mahasiswa dari berbagai kampus dan terpublikasi secara nasional.
Belum banyak penelitian meta-analisis terbaru yang menganalisis model
pembelajaran Project Based Learning yang berfokus pada bidang Biologi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menguji kembali keefektifan suatu
hasil penelitian dengan tema tersebut. Metode yang digunakan adalah metaanalisis yaitu review naratif atau review sistematik dengan menganalisis hasilhasil penelitian yang telah dipublikasi secara nasional yang berkaitan dengan
penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap pembelajaran
Biologi. Keseluruhan sampel adalah 104 artikel publikasi ilmiah dengan tema
terkait diatas yang diterbitkan pada rentang tahun 2015-2020 pada jenjang SLTP
dan SLTA. Diperoleh 47 artikel yang sesuai kriteria peneliti, teknik analisis data
yang digunakan adalah perhitungan besaran pengaruh (Effect size). Berdasarkan
analisis nilai besar pengaruh secara keseluruhan di kategorikan dalam efek besar
dengan nilai effect size (d=4,95). Temuan analisis juga menunjukan bahwa model
Project Based Learning memberikan pengaruh dan efektif dilihat dari segi jenjang
pendidikan SLTA dengan nilai (d=6,28) dan SLTP (d=2,26) kategori besar,
materi yang dipelajari pada kedua jenjang sistem Ekskresi memiliki nilai (d=8,54)
kategori besar, hubungan pendidikan dengan materi yang diajarkan SLTA
memiliki niali lebih besar (d=7,97) kategori besar sedangkan SLTP (d=0,75)
kategori sedang dan variable terikat penelitian pada pemahaman konsep memiliki
nilai (d=8,54) kategori besar. Hal ini menunjukan bahwa model Project Based
Learning lebih efektif digunakan dalam pembelajaran biologi dibandingkan
dengan model pembelajaran konvensional dalam studi ini.
227306022 | K BIO-22022 AYU m | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain