Textbook
Analisis Pembelajaran Biologi Dalam Jaringan Era Pandemi Covid-19 di Sekolah Menengah Atas Se- Kabupaten Kuningan
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran biologi dalam
jaringan yang berlangsung di SMA se-Kabupaten Kuningan, mengetahui kendala yang
dialami dan upaya dalam menghadapi proses pembelajaran biologi, mengetahui presepsi
siswa mengenai efektifitas pembelajaran biologi dalam jaringan, serta mengetahui hasil
belajar siswa dari proses pembelajaran dalam jaringan yang berlangsung selama pandemi
Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Sumber data berupa
respon jawaban wawancara, jawaban angket, dan dokumen penilaian akhir semester. Hasil
dari penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran biologi dalam jaringan menggunakan
Kurikulum 2013 yang disederhanakan dengan pengurangan jumlah Kompetensi Dasar &
Kurikulum darurat. (2) Kendala yang dialami sekolah yaitu sulitnya memenuhi kebutuhan
jumlah jam mengajar bagi guru secara maksimal upaya mengatasinya yaitu dengan melalui
kerjasama antar guru untuk mengatur pertemuan secara daring se-efektif dan se-efisien
mungkin Kendala yang dialami guru yaitu kesulitan memilih metode pembelajaran yang
tepat selama masa pandemi covid-19, dan kurang mengerti dalam penggunaan teknologi
upaya mengatasinya yaitu dengan berdiskusi sesama guru biologi. Kendala yang dialami
siswa yaitu sulitnya memahami materi pembelajaran secara mandiri diatasi dengan
berlangganan aplikasi belajar online. (3) Siswa menilai pembelajaran biologi secara tatap
muka lebih efektif daripada pembelajaran dalam jaringan. (4) Mengacu pada kriteria
klasikal berarti kemampuan kognitif yang dicapai selama pembelajaran dalam jaringan
siswa kelas X dan XI di SMA se-Kabupaten Kuningan masih dianggap belum berhasil
karena siswa yang memenuhi KKM belum mencapai 85% dari keseluruhan jumlah siswa.
227306020 | K BIO--22020 NUR a | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain