Textbook
Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint i-Spring Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pada Materi Sel Kelas XI
Pembelajaran daring belum dapat dikatakan ideal, sebab masih banyak
masalah yang dihadapi oleh guru maupun siswa. Masalah yang dihadapi guru
yaitu sulitnya menentukan media pembelajaran yang tepat selama pembelajaran
daring. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengembangan media
interaktif berbasis powerpoint i-spring berdasarkan tahapan model ADDIE.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dan pengembangan yaitu
mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Power poin i-Spring
pada materi Sel Kelas XI. Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis
powerpoint i-Spring pada tahap analisis diperlukan adanya pengembangan media
pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran daring. Tahap
perancangan dilakukan pembuatan kerangka/desain media pembelajaran. Tahap
pengembangan yaitu dilakukan pembuatan media pembelajaran yang nyata sesuai
dengan flowchart dan storyboard. Hasil validasi memperoleh rata-rata persentase
dari ketiga ahli tersebut sebesar 92 % dengan kategori sangat valid. Tahap
implementasi diperoleh hasil respon siswa memperoleh persentase 85, 6 %
dengan kriteria sangat menarik. Hasil pengujian paired samples t-test menunjukan
terdapat perbedaan signifikan sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan
media yang dikembangkan. Tahap evaluasi diperoleh hasil Sangat valid dan
Sangat menarik, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis
powerpoint i-Spring pada materi sel telah selesai dikembangkan.
227306018 | K BIO-22018 TET p | Perpustakaan Pusat (Lantai 3) | Tersedia - Tersedia |
Tidak tersedia versi lain